koin emas purbakala di israelCaesarea, LiputanIslam.com – Harta karun dalam jumlah besar telah ditemukan di Israel atau Palestina pendudukan tahun 1948. Berbagai sumber di Israel Kamis (19/2/2015) menyebutkan bahwa harta karun itu ditemukan di kawasan pantai kota Caesarea dan antara lain berupa ribuan keping emas yang diperkirakan berusia lebih dari 1,000 tahun dan berasal dari era dinasti Fatimiyah.

Sebagai dilaporkan Palestinian Information Center, para penyelam scuba Israel menemukan 2,000 keping koin emas, kemudian melaporkannya ke dinas kebudayaan maritim Israel. Temuan itu ditindak lanjuti hingga kemudian ditemukan harta karun dalam jumlah besar.

“Harta karun dalam jumlah besar berupa koin-koin emas telah ditemukan di Israel dalam beberapa pekan terakhir ini di dasar laut pelabuhan kuno di Caesarea,” ujar seorang pejabat bidang pelestarian peninggalan purbakala Israel.

Para arkeolog memperkirakan harta karun itu merupakan peninggalan dinasti Fatimiyah yang pernah berkuasa di Mesir. Diduga pula bahwa harta karun itu semula hendak diantar ke Mesir dari kota Caesarea untuk diserahkan kepada dinasti Fatimiyah sebagai upeti jaminan keamanan kota Caesarea oleh pasukan Mesir.

Badai yang belakangan ini menerjang kawasan pantai Israel diduga telah menjadi faktor ditemukannya harta karun tersebut.

Meski beruntung menemukan harta karun itu, namun secara historis Israel justru dirugikan, sebab peninggalan itu tidak sejalan dengan klaim-klaim sejarah kaum Zionis. Mereka selama ini selalu berusaha memberikan argumentasi sejarah bahwa tanah Palestina milik kaum Yahudi, namun harta karun peninggalan dinasti Fatimiyah itu menjadi satu bukti baru bahwa Palestina dalam berbagai periode sejarah adalah wilayah kekuasaan dinasti-dinasti Muslim. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL