perbatasan turki-suriahMoskow, LiputanIslam.com – Seiring dengan membaiknya hubungan Turki dengan Rusia, pemerintah Ankara menyatakan siap mempertimbangkan keinginan Rusia supaya Turki menutup perbatasannya dengan Suriah. Demikian dilaporkan surat kabar Rusia Izvestia, sebagaimana dilansir laman Sputnik, Jumat (12/8/2016).

Izvestia mengutip pernyataan Wakil Ketua Komisi Pertahanan Majelis Rendah Rusia Viktor Vodolatsky bahwa dalam perundingan komisi bersama Rusia-Turki pada Kamis (11/8/2016), Moskow secara khusus telah menekankan keharusan ditutupnya perbatasan Turki-Suriah.

Dia mengatakan bahwa perundingan itu merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Presiden Rusia Vladimir Putin dan sejawatnya dari Turki, Recep Tayyip Erdogan, di St. Petersburg, Rusia, Selasa (9/8/2016).

“Keduanya antara lain membahas penyelesaian damai di Suriah, dan karena itu kami memutuskan untuk mendesak Ankara supaya menutup perbatasan Suriah-Turki demi menghentikan mengalirnya teroris dan senjata,” ujar Volodoatsky.

Dia menambahkan bahwa masalah ini sangat penting bagi keamanan nasional Rusia, dan Moskow pun berjanji untuk memberikan kepada Turki hasil-hasil pencitraan satelit pada area yang menunjukkan adanya perdagangan senjata dan militan.

Senada dengan ini, Igor Marozov, anggota Komisi Hubungan Internasional Majelis Tinggi Rusia mengatakan bahwa mengingat masih tersisanya banyak keinginan dalam hubungan Turki dengan Eropa dan Amerika Serikat, Ankara kini akan fokus pada pengembangan kerjasama dengan Rusia.

Menurutnya, ini menjadi kesempatan bagi Rusia untuk mencapai kompromi dengan Turki mengenai isu-isu yang diperselisihkan, dan dalam kondisi yang ditentukan oleh Moskow.

“Para perunding Turki benar-benar tidak memiliki ruang untuk bermanuver, dan mereka tenang serta siap untuk mencapai konsensus mengenai isu-isu pelikt. Inilah sebabnya mengapa mereka kemungkinan besar akan mengatakan ‘ ya’ pada proposal kami untuk penutupan perbatasan Turki dengan Suriah,” katanya . (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL