051018-N-9362D-014Washington, LiputanIslam.com – Juru bicara Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS), Pentagon, Steve Warran Jumat (24/4) menyatakan tidak ada kontak antara konvoi kapal perang Iran dan kapal induk AS USS Theodore Roosevelt yang berada di Laut Arab.

USA Today dalam laporannya mengenai pernyataan Warran itu menyebutkan bahwa konvoy kapal Iran dicurigai mengangkut senjata sehingga kapal induk AS yang disertai kapal rudal penjelajah USS Normandy bergeser dari Teluk Persia untuk memantaunya. Berdasarkan hasil pencitraan yang dilihat USA Today, konvoi kapal Iran itu terdiri atas beberapa kapal kecil, termasuk satu kapal barang dan kapal penarik, serta dua kapal perang.

Menurut Fars News, Pentagon juga menyatakan kapal dari kedua belah pihak sudah sama-sama meninggalkan Laut Arab sehingga tidak ada lagi isu mengenai kemungkinan terjadinya kondisi saling berhadapan antara keduanya.

Pentagon mengklaim bahwa konvoi kapal Iran telah kembali ke negara asalnya dan tidak terjadi kontak apapun dengan kapal AS.
Sejak awal pekan ini beredar kabar simpang siur mengenai kekhawatiran terjadinya kontak antara kapal induk AS dan kapal perang Iran.

Washington Post (WP) melaporkan bahwa kapal induk AS digeser ke perairan sekitar Yaman untuk mencegah potensi pengiriman senjata Iran kepada milisi Houthi. WP mengutip pernyataan Warren Senin (20/4) bahwa kapal induk tersebut digeser ke perairan dekat Yaman karena “meningkatnya instabilitas di sana.”

Namun demikian, Laporan AFP yang dikutip Rai al-Youm menyebutkan bahwa Steven Warran justru menepis berita yang beredar bahwa kapal itu dikirim untuk mencegat kapal-kapal Iran.

“Ini tidak benar,” katanya. (Baca: Kapal Induk AS Bergerak ke Teluk Aden, Untuk Cegat Kapal Iran?)

Menurut USA Today, USS T Roosevelt berlayar sekitar 200 mil dari konvoy kapal Iran, namun tidak terjadi kontak antara kedua piihak. Kapal induk AS itu membawa 5,000 personil angkatan laut dan sekitar 60 jet tempur sehingga kekuatannya jauh di atas kapal perang Iran yang berupa kapal rudal buatan Cina kelas Houdong Tipe 021.

Pejabat Pentagon menyatakan bahwa kapal perang Iran itu pada didasarnya dikerahkan di kawasan tersebut untuk menjalankan operasi anti bajak laut sehingga dalam beberapa hari terakhir ini bergabung dengan konvoi kapal kargo. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL