Washington, LiputanIslam.com –   Kemhan Amerika Serikat (AS), Pentagon, mengakui bahwa negara ini tidak memiliki bukti bahwa tentara Suriah menggunakan zat kimia klorin di Ghouta Timur.

Hal ini dinyatakan Pentagon saat berbicara mengenai penyeledikan tim independen PBB atas dugaan penggunaan zat klorin dalam operasi militer di Idlib dan Ghouta Timur.

Jubir Pentagon, Dana White, mengatakan pihaknya “belum melihat bukti” penggunaan senjata kimia oleh tentara Suriah di Ghouta Timur, ketika dia ditanya apakah AS  telah menemukan suatu bukti adanya penggunaan senjata terlarang kimia.

Juru bicara Kemlu AS Heather Nauert  Februari lalu menuduh Damaskus menggunakan senjata kimia di dekat kota Saraqib Idlib. Dia  juga mengatakan bahwa Washington percaya bahwa Rusia melindungi pemerintah Suriah dari pertanggungjawaban atas dugaan penggunaan senjata kimia yang masih berlanjut.

Kemhan Rusia membantah tuduhan itu dan menyebutnya hanya didasari  rumor dan informasi dari pihak militan sehingga tuduhan-tuduhan sebelumnyapun juga tidak pernah terbukti dengan fakta.

Menimpali tuduhan AS tersebut Inggris menyatakan pihaknya bisa jadi akan mempertimbangkan langkah militer, termasuk serangan udara terhadap pemerintah Suriah, jika tuduhanitu terbukti benar. (mm/sputniknews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*