saudi kingDubai, LiputanIslam.com – Nasib kerajaan Arab Saudi pasca Raja Abdullah bin Abdulaziz yang sedang dalam kondisi kritis di rumah sakit belakangan terus menjadi sorotan banyak kalangan.

Situs berita online 24 yang terafiliasi dengan pemerintah Uni Emirat Arab menyebutkan bahwa Arab Saudi sedang dilanda keresahan terhadap kemungkinan terjadinya konflik perebutan kekuasaan di tengah keluarga besar al-Saud yang berkuasa di negara ini. Keresahan itu bahkan mendorong sebagian di antara mereka untuk mengungkapkan keresahannya kepada publik.

Pangeran Saud bin Saif al-Nasr, anggota Dewan Baiat Arab Saudi dalam pesannya di media sosial Twitter memberikan isyarat lewat puisi bahwa dinasti al-Saud akan kacau jika Raja Abdullah meninggal dunia. Anggota dewan yang bertugas menggalang dan menghimpun baiat kepada raja baru itu antara lain menyebutkan bahwa dia sedang melihat bara dalam sekam yang akan segera segera berubah menjadi kobaran api.

Cucu salah satu pendiri kerajaan al-Saud itu menambahkan, “Setiap perang selalu diawali dengan kata-kata.”

Pernyataan ini mendapat komentar pedas dari seorang warga Saudi.

“Hai Pangeran, apakah Anda mengetahu bahwa Allah Maha Kuasa untuk berbuat apapun. Allah-lah yang telah memungkinkan kalian berkuasa, dan Dial Maha Kuasa pula untuk mengambil kembali kekuasaan dari kalian dan menyerahkannya kepada orang yang layak. Bukankah sudah cukup 100 tahun penuh penindasan dan penangkapan terhadap orang-orang yang berbeda pendapat?” tulis warga tersebut.

Tersiarnya pernyataan al-Nasr itu juga membangkitkan reaksi kecaman dan kemarahan dari para pendukung Raja Saudi dalam bentuk pernyataan-pernyataan yang juga beredar di berbagai media sosial.

“Saud bin Saif adalah seorang pangeran pengangguran, oposan dan batil yang telah mendompleng kepada rakyat dan negara serta nol dalam lingkaran negara ini,” kicau salah seorang di antara mereka dalam pesan Twitternya.

Raja Abdullah bin Abdulaziz sejak beberapa waktu lalu terbaring sakit dan dirawat di sebuah rumah sakit militer negara ini, namun hingga pihak istana belum memberikan keterangan mengenai perkembangan kondisi kesehatan sang raja yang sudah berusia 90 tahun tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*