pasukan irak hitBaghdad, LiputanIslam.com –  Pemerintah Irak menyatakan bahwa pendudukan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) atas Irak sejauh ini telah berhasil ditekan dari 40% menjadi 14%.

Sebagaimana dilansir Reuters, juru bicara pemerintah Irak Saad al-Hadithi, dalam statemennya yang disiarkan di TV resmi negara ini , Rabu (12/5), menyatakan bahwa operasi penumpasan ISIS yang dilancarkan selama ini telah berhasil membebaskan sekitar dua pertiga dari total kawasan yang sempat diduduki kawanan teroris takfiri tersebut.

Tentara dan pasukan keamanan Irak berhasil membebaskan kawasan-kawasan tersebut dengan bantuan relawan al-Hashd al-Shaabi, pasukan Kurdi Irak Peshmerga, dan pasukan adat, sementara pasukan koalisi internasional kontra-teroris pimpinan AS terus mendapat kecaman dari para tokoh dan pengamat nasional Irak maupun internasional karena peran dan andilnya dalam penumpasan teroris terbukti sangat kecil dibanding nama dan propagandanya.

Ramadi, Tikrit dan Baiji termasuk kota penting Irak yang berhasil dibebaskan oleh pasukan Irak yang didukung relawan dan Peshmerga.

Menurut laporan IRNA, para pejabat Irak optimis kota kedua terbesar Irak, Mosul, di bagian utara negara ini juga akan berhasil dibebaskan dari cengkraman ISIS pada tahun ini.

Keterdesakan ISIS yang dibantu oleh sejumlah negara regional dan dunia memaksa kawanan berdarah dingin itu untuk mengubah taktik dalam berperang dengan pasukan pemerintah Irak, dan dalam rangka ini belakangan mereka gencar melancarkan aksi peledakan bom berantai di Baghdad, ibu kota Irak.

Dalam peledakan bom yang terjadi Rabu (11/5) di distrik Sadr sebanyak 52 orang terbunuh, dan dua peledakan bom mobil masing-masing di kawasan Kadhimaian yang mayoritas penduduknya bermazhab Syiah dan sebuah kawasan pusat perdagangan yang mayoritas penduduknya bermazhab Sunni di bagian barat Baghdad sedikitnya 22 orang terbunuh dan puluhan lainnya luka-luka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL