michelle obama di riyadh

Penampilan Michelle Obama di Riyadh, Arab Saudi.

Washington, LiputanIslam.com – Penampilan Michelle Obama saat menyertai kunjungan suaminya, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, ke Riyadh, ibu kota Arab Saudi, menjadi masalah. Pasalnya, selama berada di Riyadh sekitar empat jam bersama Obama dan rombongan untuk menyampai belasungkawa atas kematian Raja Abdullah bin Abdulaziz dari Arab Saudi dia tidak mengenakan kerudung. Penampilan Michelle itu mendapat kecaman dari orang-orang Arab di dunia maya.

Menurut laporan Washington Post, meskipun banyak analis memandang lawatan singkat Obama ke Riyadh bukan sekedar menandai belasungkawanya, melainkan juga menunjukkan rapatnya hubungan Washington-Riyadh, namun banyak orang memandang penampilan istri Obama tersebut sebagai sikap yang tidak menghargai adat dan tradisi yang berlaku di Saudi. Hal ini bahkan dinilai berpotensi mengusik hubungan kedua negara.

michelle obama di jakarta

Penampilan Michelle Obama di Jakarta.

Ada pula analis di jejaring sosial yang justru memuji penampilan Michelle dan menilainya sebagai tindakan disengaja dengan tujuan membela hak asasi dan kebebasan kaum wanita di Saudi.

Celakanya lagi, sebagian orang mempertanyakan mengapa penampilan Michelle itu berbeda dengan penampilannya di Jakarta, Indonesia. Di Jakarta dia mengenakan kerudung, sementara di Saudi yang justru Negeri Haramaian dan ketat menerapkan aturan jilbab justru tidak berkerudung. Karena itu mereka memastikan tindakan Michelle itu disengaja dan mengandung pesan politis.

TV kerajaan Arab Saudi menyensor gambar Michelle ketika menayangkan gambar kunjungan rombongan Obama ke Riyadh Selasa (27/1/2015). (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*