Teheran, LiputanIslam.com –  Pemimpin tertinggi Iran Grand Ayatollah Sayyid Ali Khamenei menilai Barat tidak beriktikad menumpas teroris. Karena itu dia mengimbau negara-negara merdeka untuk bersama-sama memerangi terorisme tanpa terpengaruh oleh sepak terjang negara-negara imperialis dan mustakbirin dunia.

Kecaman terhadap Barat ini dia ungkapkan saat menerima kunjungan Presiden Bosnia Bakir Izetbegovic di Teheran, ibu kota Iran, Selasa (25/10/2016).

Dia menekankan bahwa sepak terjang sebagian negara Barat harus dilawan karena telah mengobarkan peperangan dan memelihara terorisme, dan untuk ini negara-negara merdeka harus dapat mengatasi perselisihan satu sama lain, memperkuat hubungan, dan tidak membuntuti jejak negara-negara arogan.

Mengenai fenomena terorisme yang melanda dunia, termasuk Eropa, dia mengatakan, “Secara kasat mata terlihat bahwa sumber fenomena ini adalah kawasan Arab, tapi pada hakikatnya, kehendak Amerika dan sebagian negara Eropalah yang menjadi faktor utama di balik peristiwa-peristiwa ini.”

Menurutya, koalisi militer negara-negara Barat anti terorisme adalah palsu belaka.

“Koalisi ini sesekali memang terlibat dalam perang anti teroris, tapi di Irak maupun di Suriah mereka tidak berusaha membabat akar-akar teroris secara kongkret. Kebijakan kotor dan aksi-aksi keji mereka menambah problematika kemanusiaan dari hari ke hari,” ujarnya.

Dia menambahkan, “Penistaan terhadap para pemuda Muslim di sebagian negara kaya dan kuat di Eropa telah menyebabkan bergabungnya mereka dengan kelompok-kelompok sesat teroris seperti DAESH (ISIS). Para pemuda yang ternistakan itulah yang telah meledakkan diri dan menumpahkan darah ketika mereka kembali ke Eropa.”

Presiden Bosnia tiba di Teheran Senin lalu dalam rangka kunjungan empat hari ke Iran untuk memenuhi undangan resmi sejawatnya di negara republik Islam ini, Hassan Rouhani. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL