yaman abdulmalik mutawakil

Sekjen Partai Persatuan Kekuatan Rakyat Mohammed Abdulmalik al-Mutawakil

Sanaa, LiputanIslam.com – Kawanan bersenjata tak dikenal telah menembak mati Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Kekuatan Rakyat Mohammed Abdulmalik al-Mutawakil di Sanaa, ibu kota Yaman, sementara di bagian barat negara ini terjadi kontak senjata yang menewaskan 23 orang, 20 di antaranya tentara Yaman.

Mengutip keterangan puteri korban, The Peninsula Senin (3/11) melaporkan bahwa korban ditembak di bagian leher oleh orang bersenjata pengendara motor, dan penyerang yang segera kabur setelah melepaskan tembakan.

Sumber rumah sakit membenarkan Mutawakil telah ditembak mati, dan hingga kini belum jelas mengapa dia menjadi target serangan teror.

Situs al-Mayadeen menyebutkan bahwa serangan itu terjadi sehari setelah berbagai kelompok politik utama di Yaman, termasuk Ansarullah, menandatangani kesepakatan yang meminta kepada Presiden dan Perdana Menteri Yaman supaya segera membentuk pemerintahan baru untuk meredakan ketegangan politik.

Menurut al-Mayadeen, Partai Persatuan Kekuatan Rakyat merupkan partai berhaluan liberal yang menjalin relasi kuat dengan gerakan Ansarullah. Karena itu, pemimpin Ansarullah Abdulmalik al-Houthi segera mengutuk serangan tersebut dan menuntut pemerintah bertanggungjawab karena tidak dapat menegakkan keamanan dengan baik.

Dalam kasus lain, sebanyak 20 tentara Yaman dan tiga orang terduga anggota jaringan teroris al-Qaeda tewas dalam kontak senjata yang terjadi distrik Jabal Ras, provinsi al-Hadidah, di bagian barat Yaman, Sabtu (1/11).

Sementara itu, utusan khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Jamal Benomar, meminta kepada semua faksi politik yang bersaing di Yaman supaya membentuk pemerintahan secepatnya untuk mencegah meningkatnya “ketegangan sektarian”.

“Perkembangan terakhir menjurus pada wacana baru yang xenophopia, terkadang sektarian, dan ini merupakan tren yang mengkhawatirkan,” katanya, sebagaimana dikutip The Peninsula. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL