مقتل قائد جيش الإسلام زهران علوش بغارة جوية قرب دمشقDamaskus, LiputanIslam.com –  Pemimpin kelompok pemberontak Suriah Jaysh al-Islam, Mohammad Zahran Abdullah  Alloush, tewas bersama sejumlah tokoh lain kelompok ini akibat serangan udara Rusia, Jumat (26/12).

Berdasarkan keterangan sumber-sumber pemberontak maupun tentara Suriah, ABC News melaporkan bahwa pemimpin kelompok pemberontak terkuat  di Suriah ini tewas akibat serangan udara yang menimpa markasnya di pinggiran timur Damaskus, ibu kota Suriah.

Tewasnya Alloush tak pelak menjadi pukulan besar bagi kelompok pemberontak yang bercokol di kawasan pedesaan timur Damaskus yang dikenal dengan nama Ghouta Timur tersebut.

Menurut laporan Alalam, Alloush tewas terkena satu di antara 13 serangan udara Rusia di kawasan Ghouta Timur yang meruntuhkan bangunan markas hingga mayat Alloush dan rekan-rekan tertimpa reruntuhan bangunan.

Kelompok-kelompok pemberontak Suriah melalui di beberapa laman internetnya menyatakan Alloush tewas bersama wakil dan juru bicaranya dalam satu serangan udara.

Beberapa bulan lalu dalam tayangan TV Aljazeera dia mengancam akan menggempur Damaskus dengan sekali gempuran yang akan mengerahkan 600 hingga 1000 unit roket. Sebelum itu, ancaman tersebut juga dia nyatakan sebanyak dua kali di halaman Twitternya.

Jaysh al-Islam sudah berulang kali melancarkan serangan roket ke Damaskus, namun sebagian besar menimpa kawasan permukiman penduduk sehingga jatuh korban sipil. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL