Moskow, LiputanIslam.com –  Beberapa media Rusia, termasuk  harian resmi Rossiyskaya Gazeta, Sputnik, dan TV Live News, Selasa (18/4/2017), mengabarkan pemimpin besar kelompok teroris ISIS Abu Bakar al-Baghdadi tertangkap ketika dalam perjalanan kabur dari Irak dan masuk ke wilayah Suriah, namun belum ada tanggapan resmi mengenai kabar ini.

Kantor media Sekjen Departemen Keamanan dan Informasi Eropa (Dipartimento Europeo Sicurezza Informazioni/DESI), Haitham Abu Said, mengaku memiliki “informasi akurat” bahwa al-Baghdadi tertangkap di Suriah utara.

Dia menyebutkan bahwa al-Baghdadi tertangkap setelah dipantau oleh intelijen Suriah dan Rusia. Al-Baghdadi dipantau setelah terpaksa meninggalkan Mosul  akibat terdesak oleh pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi lalu masuk ke wilayah Suriah pada bulan ini.

Abu Said mengaku telah menghubungi Kepala DESI Luciano Consorti dan dewan eksekutif organisasi ini, dan keduanya sama-sama mengungkapkan kegembiraannya atas penangkapan al-Baghdadi.

DESI mengaku menampung informasi yang masih berdatangan untuk dapat dikonfirmasi.

Media Rusia menyebutkan bahwa al-Baghdadi sekarang meringkuk dalam penjara. Caucasus Today mengutip keterangan beberapa sumber bahwa al-Baghdadi diringkus oleh tentara Rusia dan Suriah.

Sejauh ini pemerintah Suriah mapun Rusia belum berkomentar mengenai kabar nasib gembong teroris buronan nomor wahid tersebut.  (mm/alahram/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL