egypt mohamad badieKairo, LiputanIslam.com – Pengadilan Mesir menjatuhkan vonis hukuman mati kepada pemimpin Ikhawanul Muslimin, Mohamed Badie, dan 682 pendukungnya. Putusan ini dikeluarkan oleh Pengadilan Kriminal Provinsi al-Minya dalam sidang yang digelar Senin (28/4/2014). Selanjutnya, vonis itu akan diserahkan kepada mufi besar Mesir untuk diminta pendapatnya mengenai vonis tersebut.

Pada sidang yang sama, Pengadilan Kriminal al-Minya juga mengeluarkan vonis hukuman mati terhadap 37 terdakwa kasus kerusuhan kota Matai serta putusan yang meringankan vonis bagi 492 terdakwa lain dari hukuman mati menjadi penjara seumur hidup.

Sabtu lalu, Pengadilan Mesir juga menjatuhkan vonis hukuman penjara terhadap 11 pendukung Morsi, mulai hukuman penjara lima tahun hingga 88 tahun dengan dakwaan terlibat dalam demonstrasi dan aksi kerusuhan anti pemerintah pasca peristiwa kudeta militer terhadap Presiden Mohamad Morsi Juli 2013. Tujuh dari 11 tervonis itu diadili secara in absentia.

Dalam beberapa bulan terakhir para anggota dan pendukung Ikhwanul mendapat tekanan keras dari pemerintah interim Mesir yang didukung militer. Ikhwanul Muslimin bahkan dinyatakan sebagai teroris. Labelisasi ini lantas menjadi alasan bagi pemerintah dan otoritas keamanan untuk menumpas segala bentuk aksi dukungan kepada Ikhwanul Muslimin. (mm/alalam/gateahram)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL