مقتل القائد الميداني لـ''أحرار الشام'' بريف حلب الشماليDamaskus, LiputanIslam.com – Pemimpin lapangan kelompok militan Ahrar Shams, Abu Ja’far Taum, terbunuh dalam pertempuran kelompok ini dengan pasukan pemerintah Suriah di desa Handarat, bagian utara Rif Aleppo. Taum tergolong tokoh papan atas Ahrar Sham dan terlibat dalam banyak pertempuran kelompok ini melawan tentara Suriah. Demikian dilaporkan Alalam Senin (10/3/2015).

Dilaporkan pula bahwa puluhan kawanan bersenjata lainnya yang sebagian besar adalah anggota Front al-Nusra juga tewas terkena serangan udara sengit pasukan Suriah terhadap posisi-posisi mereka di sekitar kawasan Handarat, kawasan pertanian al-Malah dan Bukit al-Mudhafah di bagian utara Rif Aleppo. Beberapa peralatan tempur mereka juga hancur setelah mereka berusaha melawan serangan di sekitar Handarat.

Bersamaan dengan ini, tentara Suriah juga menyerang sekelompok kawanan bersenjata di jalur antara Idlib dan Harim hingga menewaskan 20 orang kawanan bersenjata yang sebagian besar adalah warga negara asing serta menghancurkan tiga kendaraan dan satu senjata penangkis serangan udara milik mereka.

Di Raqqah, para aktivis mengatakan sebanyak 30 anggota kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) tewas dihantam serangan udara pasukan Suriah.

Di bagian timur Rif Homs, tentara Suriah memperluas zona operasinya di sekitar ladang-ladang minyak. Sumber-sumber militer menyebutkan bahwa pasukan Suriah telah melancarkan serangan sengit terhadap beberapa lokasi perkumpulan ISIS di sekitar sumur 105 dan 101 di kawasan Shair dan beberapa posisi kawanan bersenjata di Jabab Hamd di tenggara Palmyra.

Sementara itu, pasukan Pertahanan Rakyat (al-Difa’ al-Sha’bi) menghancurkan dua mobil kawanan bersenjata pembawa senapan mesin berat bersama beberapa orang yang ada di dalamnya di desa Dama, bagian utara Rif Suwaida.

Sumber-sumber di lapangan memastikan bahwa sebanyak 567 kawanan bersenjata tewas dalam pertempuran antara mereka dan tentara Suriah di Rif Daraa di bagian selatan Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*