rafsanjani pemilu iran 2016Teheran, LiputanIslam.com –  Pemilu Iran untuk memilih anggota Dewan Ahli Kepemimpinan (Majelis-e Khubregan-e Rahbari) yang berlangsung bersamaan dengan pemilu parlemen Jumat lalu (26/2) menghasilkan pil pahit untuk kubu korservatif.

Mengutip laporan TV resmi Iran, AFP Senin (29/2) memberitakan kekalahan dua tokoh besar kubu konservatif yang juga ketua incumbent Dewan Ahli, Ayatullah Muhammad Yazdi dan Ayatullah Mohammad Taqi Misbah Yazdi.

Namun demikian, satu tokoh lain kubu ini yaitu Ayatullah Ahmad Jannati yang menjabat ketua Dewan Garda Konstitusi terpilih sebagai anggota Dewan Ahli, meskipun berada di urutan terakhir dari segi jumlah perolehan suara.

Sebelumnya, kubu reformis gencar melancarkan kritikan tajam terhadap tiga tokoh tersebut agar tidak terpilih dalam pemilu dewan yang tugas utamanya adalah memilih pemimpin besar revolusi Islam Iran yang kini dijabat oleh Grand Ayatullah Ali Khamenei tersebut.

Ketiga tokoh ini sama-sama terlibat sebagai kontestan pemilu Dewan Ahli untuk wilayah provinsi Teheran.

Di pihak lain, mantan presiden Iran Ayatullah Akbar Hasyemi Rafsanjani yang masih menjabat sebagai ketua Dewan Kebijakan dilaporkan memimpin perolehan suara pemilu Dewan Ahli. Posisinya disusul oleh tokoh kubu konservatif Ayatullah Imami Kashani, kemudian oleh tokoh reformis yang kini menjabat sebagai Presiden Iran Hassan Rouhani.

Pemilu Dewan Ahli juga diselenggarakan di berbagai provinsi Iran lain dengan para calon yang juga terdiri atas para ulama terkemuka. Mereka antara lain Ayatullah Ahmad Khatami di provinsi Kerman di selatan, Ayatullah Sayyid Mahmoud Hashemi Shahroudi di provinsi Khurasan Rezavi di timur laut, dan ketua Dewan Legislatif Ayatyllah Sadeq Larijani di provinsi Mazandara di utara.  (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL