mesir mohammad husain heikalKairo, LiputanIslam.com – Penulis Muslim ternama Mesir Muhammad Husain Haekal menilai persoalan-persoalan dunia Arab telah lepas dari pihak-pihak berhak menanganinya, dan telah jatuh ke tangan kekuatan-kekuatan regional dan global.

Sebagaimana dilansir Rai al-Youm, Rabu (1/3/2015), dalam wawancara panjang lebar dengan majalah al-Siyasah al-Dauliyyah yang diterbitkan oleh Yayasan al-Ahram, Mesir, pada peringatan setengah abad berdirinya yayasan ini, Haekal menyatakan ada pihak-pihak lain yang bermaksud mempertahankan status quo di Timteng dan membiarkan kawasan ini tetap terkurung dalam situasi krisis. Tanpa menyebutkan nama, dia mengatakan bahwa upaya itu dilakukan oleh negara-negara produsen minyak.

Lebih jauh penulis buku “Sejarah Hidup Muhammad saw” (Hayatu Muhammad) ini juga mengungkapkan pendapatnya mengenai Republik Islam Iran yang belakangan menjadi sasaran cemoohan Saudi dan negara-negara sekutunya terkait krisis Yaman. Dia mengimbau negara-negara Arab terbuka kepada Iran.

“Iran memiliki kekuatan penunjang yang besar dan tak dapat disepelekan, serta menikmati disiplin peradaban dan kemanusiaan yang terhimpun di dalamnya berbagai faktor politik, kepribadian dan keamanan,” ungkapnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL