abu bakar baghdadi01Baghdad, LiputanIslam.com – Pemerintah Irak tidak percaya kepada keaslian rekaman video seorang khatib yang diklaim sebagai sosok Abu Bakar al-Baghdadi, pemimpin kelompok militan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS). Pemerintah Irak menganggap bahwa sosok khatib itu bukanlah buronan kakap dan nomor wahid tersebut.

Menurut laporan Reuters, Jenderal Saad Maan selaku Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Irak Sabtu (5/7/2014) mengatakan, “Video yang diunggah di internet dan diklaim sebagai rekaman pemimpin kelompok takfiri ISIS, Abu Bakar al-Baghdadi, itu rekayasa.”

Rekaman video tersebut diunggah di beberapa laman milik ISIS Sabtu (5/7/2014) dan diklaim sebagai rekaman Baghdadi saat berkhutbah Jumat (4/7/2014).

“Kami sudah menganalisa video tersebut… dan kami mengetahui bahwa video itu palsu belaka,” ujar Maan kepada Reuters.

Menurut Maan, video itu sengaja dibuat dan disiarkan oleh ISIS karena Baghdadi sebenarnya menderita luka parah dan dilarikan ke Suriah akibat serangan udara pasukan Irak di wilayah perbatasan Irak dengan Suriah.

Reuters melaporkan bahwa Maan tidak memberikan keterangan secara detail, dan Reuterspun belum mendapat keterangan mengenai masalah ini dari narasumber yang independen.

Dalam video itu terlihat sosok kharismatik bercambang lebat dan panjang berkhutbah di atas mimbar dengan mengenakan jubah dan serban berwarna hitam. Disebutkan bahwa dia adalah Abu Bakar al-Baghdadi yang sedang berkhutbah Jumat di sebuah masjid di Mosul.

Al-Sumaria melaporkan bahwa Ketua Komisi Keamanan Parlemen Provinsi Ninawa, Muhammad Ibrahim, Ahad (6/7/2014) mengatakan, “Orang yang terlihat dalam video yang disebarkan oleh situs-situs internet milik ISIS itu adalah Abu Bakar al-Khatuni, wali ISIS di Mosul, bukan Abu Bakar al-Baghdadi seperti yang mereka klaim.”

Dia menambahkan, “Kami memiliki banyak data yang menunjukkan pemimpin teroris ISIS Abu Bakar al-Baghdadi tidak ada di Mosul.”

Saat mengklaim al-Khatuni sebagai al-Baghdadi, pegiat ISIS di Twitter menuliskan pertanyaan, “Mengapa serbannya berwarna hitam?” Dia lantas menjawab sendiri bahwa dalam kitab Shahih Muslim terdapat riwayat yang menyebutkan bahwa sahabat Jabir ra berkata, “Aku melihat Rasulullah mengenakan serban hitam pada hari Pembebasan Kota Mekkah.”

Al-Sumaria juga melaporkan bahwa Amerika Serikat sedang menganalisis rekaman video tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL