Foto: Press TV

Baghdad, LiputanIslam.com – Kepala lembaga pemberantasan terorisme Irak Mayjen Abdul Ghani al-Asadi menyatakan bahwa gembong kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS), Abu Bakar al-Baghdadi, berada di wilayah Irak. Bersamaan dengan ini dikabarkan pula bahwa seorang mufti ISIS dan beberapa lima asistennya tewas di tangan pasukan koalisi internasional di timur Ramadi.

Sumber-sumber Barat pekan lalu mengklaim al-Baghdadi kabur ke Libya dan memindah pusat “kekhalifahan”-nya dari Mosul ke Libya, namun al-Asadi kepada Furat News yang berafiliasi dengan Dewan Tinggi Islam Irak mengaku pihaknya memiliki data-data akurat bahwa al-Baghdadi dan beberapa asistennya masih berada di wilayah Irak. Hanya saja, dia tidak dapat memastikan lokasi keberadaan al-Baghdadi.

“Karena pemimpin ISIS dan para asistennya selalu berpindah-pindah di dalam wilayah Irak maka tak dapat dipastikan di mana tempat persembunyian mereka,” ujarnya.

Juru bicara pasukan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) Steve Warren dalam siaran persnya pada 27 Januari lalu memberikan pernyataan langka di mana pihaknya berjanji akan meringkus al-Baghdadi di Irak. Dia juga memastikan bahwa ISIS sekarang sudah berada posisi bertahan dan mundur.

Sejak Ramadi, ibu kota provinsi Anbar, behasil dibebaskan oleh pasukan Irak pada 28 Desember 2015, ISIS diyakini oleh banyak pengamat sudah melemah secara drastis sehingga serangan-serangan mereka di berbagai kawasan selalu gagal dan membuat mereka justru semakin banyak menderita kerugian jiwa dan materi.

Mufi ISIS Terbunuh Dekat Ramadi

Seorang mufti ISIS bersama lima asistennya dikabarkan tewas di kawasan Khalidiyah di timur Ramadi.

“Beberapa jet tempur pasukan koalisi internasional telah membom sebuah rumah dekat jalur Albu Shijil di timur Ramadi yang di dalamnya terdapat mufti syar’i ISIS kawasan Jazirah Khalidiyah yang memiliki julukan Abu Dujanah al-Misri dan lima orang asistennya,” ungkap Ketua Dewan Distrik Khalidiyah Ali Dawud kepada al-Sumariya News, Selasa.

Dia memastikan bahwa Abu Dujanah dan lima asistennya itu tewas akibat serangan tersebut. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL