syria towAleppo, LiputanIslam.com – Senjata anti tank buatan Amerika Serikat (AS) yang paling diharapkan oleh milisi pemberontak Suriah sudah ada di tangan para ekstrimis tersebut. Sebuah rekaman video yang belum lama diunggah di internet memperlihatkan roket TOW anti tank sedang dipakai oleh militan dari kelompok Gerakan Hazm.

Seorang mantan anggota kelompok ini yang diketahui bernama Samer Muhammad mengatakan bahwa roket itu memang disuplai oleh AS kepada pemberontak Suriah. Satu sumber lain dari kelompok milian mengatakan, “Gerakan Hazm telah menerima untuk pertama kalinya lebih dari 20 misil TOW anti tank dari sumber-sumber Barat.”

Tanpa menyebutkan negara manakah yang menyuplai senjata berat itu, sumber itu menambahkan bahwa ada janji akan dikirim misil lebih banyak, namun harus dibuktikan dulu bahwa misil-misil yang sudah dikirim telah digunakan secara efektif.

Para militan Suriah mengaku telah mendapatkan pelatihan dan “bantuan internasional” mengenai pemakaian misil itu, dan mereka sudah menggunakannya di beberapa lokasi pertempuran di Idlib, Aleppo dan provinsi Latakia.

Website Debkafile yang berbasis di Israel 7 April lalu melaporkan bahwa dua kelompok militan Suriah telah disuplai senjata canggih buatan AS, termasuk senjata penembus baja dan roket berpandu optik BMG-71 TOW.

Menurut Debkafile, Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS belum lama ini mengatakan kepada para pejabat Israel bahwa jet tempur Arab Saudi akan memberikan perlindungan udara saat pasukan AS memindahkan senjata ke Suriah selatan. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*