Iraqi Checkpoint StationBaghdad, LiputanIslam.com – Berbagai media Irak, termasuk al-Ittijah, melaporkan bahwa puluhan anggota kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) terbunuh dalam peristiwa pembebasan dua kawasan penting di provinsi Salahuddin dan Anbar, Irak, Rabu (7/1/2015).

Disebutkan bahwa tentara Irak dalam operasi penyisiran para teroris ISIS di kawasan al-Hajjaj di utara Tikrit, ibu kota provinsi Salahuddin, telah menghabisi sejumlah teroris ISIS.

“Pasukan Komando Operasi Salahuddin yang didukung angkatan udara dalam peristiwa pertempuran dengan kawanan ISIS di kawasan al-Hajjaj dan al-Jazirah dekat kawasan al-Dayyum dan desa Jarish al-Jadid dan Albu Ajil serta gerbang kota Tikrit dan kawasan al-Qadisiah telah berhasil membebaskan kawasan al-Hajjaj dari dua arah,” ungkap Kementerian Pertahanan (Kemhan) Irak dalam sebuah statemennya, sebagaimana dilansir al-Ittijah.

Kemhan Irak menambahkan bahwa selain beberapa anggota ISIS tewas, empat unit kendaraan milik mereka juga hancur terkena gempuran pasukan Irak.

Bersamaan dengan ini, Ketua Dewan Provinsi Anbar, Sabah al-Karhut, mengumumkan bahwa kawasan Jabbah di barat kota Ramadi juga berhasil dibebaskan dari tangan teroris ISIS melalui sebuah operasi militer yang menewaskan 42 anggota ISIS, dua di antaranya pelaku serangan bom bunuh diri.

“Angkatan bersenjata Irak yang didukung kelompok-kelompok adat berhasil merebut sepenuhnya kendali kawasan al-Jabbah yang merupakan bagian dari wilayah administrasi kawasan al-Baghdadi yang berjarak 90 kilometer dari kota Ramadi,” ujarnya, sebagaimana dikutip al-Sumaria News.

Dalam beberapa bulan terakhir pasukan Irak yang dibantu relawan dan kelompok-kelompok suku meraih banyak kemenangan signifikan dalam pertempuran melawan ISIS hingga berhasil membebaskan banyak kawasan strategis yang semula dikuasai ISIS sejak kelompok teroris yang dibesarkan oleh Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya di Barat dan Timur Tengah ini menyerbu Irak secara besar-besar pada Juni 2014 yang disusul dengan jatuhnya banyak wilayah di bagian utara dan barat Irak ke tangan mereka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*