TelAviv, LiputanIslam.com –   Militer Rezim Zionis Israel menyatakan bahwa tiga roket telah ditembakkan dari Jalur Gaza ke bagian selatan Israel tanpa mengakibatkan jatuhnya korban pada Sabtu malam waktu setempat (17/8/2019).

“Tiga roket telah ditembakkan dari Gaza menuju Israel, yang dua diantaranya telah dicegat oleh Kubah Besi,” ungkap Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dalam sebuah statemennya tanpa menyebutkan ihwal rudal ketiga secara detail.

Menurut statemen ini, tembakan roket itu menyebabkan sirine meraung dari kota Sderot, dan merupakan serangan kedua kalinya dalam tempo 24 jam terakhir.

Baca: Israel Larang Dua Wanita Muslim Anggota Kongres Mengunjungi Yerusalem

Pada Jumat malam lalu militer Israel mengumumkan pencegatannya terhadap serangan serupa dari Jalur Gaza, yang tercatat sebagai pertama kalinya dalam jangka waktu lebih dari satu bulan terakhir.

Pada Sabtu pagi jet tempur Israel melancarkan serangan ke tiga sasaran di Jalur Gaza, sebagaimana dilaporkan sumber keamanan Palestina.

Sedangkan pihak Israel sendiri mengaku pada hari itu telah melancarkan dua serangan ke “sasaran-sasaran milik organisasi teroris Hamas di Jalur Gaza utara dan tengah”, tanpa memberikan keterangan lebih lanjut.

Baca: Menlu Israel Sebut Menlu Bahrain sebagai Kawannya

Sejak Maret 2018 warga Palestina rutin menggelar unjuk rasa setiap hari Jumat di daerah perbatasan Gaza-Israel dalam rangka memperjuangkan hak kepulangan seluruh pengungsi Palestina ke kampung halaman mereka dan menuntut pencabutan blokade Israel atas Gaza yang telah berlangsung lebih dari 10 tahun.

Sejak itu, tak kurang dari 302 orang Palestina gugur syahid dalam insiden yang sebagian besar berupa bentrokan yang terjadi saat unjuk rasa, sedangkan sisanya terkena operasi serangan militer Israel ke Gaza dengan dalih membalas serangan roket para pejuang Palestina di Gaza.

Di pihak Israel, tercatat tujuh orang orang tewas diserang para pejuang Palestina. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*