kobane-ISISKobane, LiputanIslam.com – Milisi Kurdi Suriah dari Unit Perlindungan Rakyat (YPG) dilaporkan dapat menahan dan menghentikan gerak maju pasukan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) setelah satu bulan terlibat pertempuran sengit di kota Ain al-Arab atau Kobane dan sekitarnya di bagian utara Suriah.

Sebagaimana dilaporkan Alalam Jumat (17/10), Lembaga Pengawas Hak Asasi Manusia (HAM) Suriah menyatakan bahwa para petempur Kurdi dalam dua hari terakhir berhasil menahan gerak maju serangan ISIS terhadap kawasan pusat Murshid Binar di sisi perbatasan Suriah . ISIS belakangan berusaha menguasai kawasan itu dengan tujuan memutus jalur akses dari Turki menuju Kobane agar kota yang mayoritas penduduknya bersuku Kurdi itu terkepung secara total oleh para teroris.

Lembaga ini menambahkan bahwa para petempur Kurdi berusaha menyerang atau mengepung markas petempur Kurdi yang telah dikuasai ISIS sejak Jumat lalu.

Sementara itu, Ketua Dewan Ekskutif Kobena Anwar Muslim mengatakan kepada Alalam via telefon bahwa YPG berhasil membunuh banyak anggota ISIS sehingga kawanan teroris ini meminta balabantuan dari kawasan-kawasan lain, namun para petempur Kurdi sampai sekarang masih dapat bertahan di posisi-posisinya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL