suriah petempur YPG3Beirut, LiputanIslam.com – Menguasai kota strategis kota Ain al-Arab alias Kobane di bagian utara Suriah tampak sudah tinggal angan-angan bagi kawanan teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Sebagaimana dilaporkan Reuters Rabu 31 Desember, lembaga Pemantau HAM Suriah yang selama ini memantau perkembangan situasi perang di negara ini menyatakan bahwa pasukan Kurdi telah merebut kembali 70 persen wilayah kota yang terletak di dekat perbatasan Turki tersebut setelah sekian bulan berjuang menekan ISIS yang mengepung mereka.

Kobane kini menjadi simbol dalam perang antara ISIS dan musuh-musuhnya di Irak dan Suriah. Ratusan petempur ISIS bertempur mati-matian untuk menguasai kota itu sejak tiga bulan lalu, namun belakangan terus terdesak dan banyak anggotanya yang tewas di tangan para pejuang Kurdi. Bersamaan ini, serangan udara pasukan koalisi terhadap posisi-posisi ISIS di Kobane juga dilaporkan cukup intensif.

Pemantau HAM Suriah yang menghimpun inforasi dari berbagai sumber di Suriah menyebutkan bahwa para pejuang Kurdi kini menguasai wilayah utara dan bagian tengah Kobane serta sebagian besar wilayah baratnya di area yang membentang ke perbatasan Turki.

Para petempur Kurdi Suriah, termasuk kaum wanitanya, yang tergabung dalam Unit Perlindungan Rakyat (YPG) di Kobane sejak telah bersumpah untuk tidak akan pernah menyerah kepada ISIS. Mereka memilih mati daripada kota mereka jatuh ke tangan ISIS dan merekapun menjadi tawanan. Mereka sempat terdesak hebat karena kalah jumlah maupun perlengkapan dibanding para petempur ISIS, namun belakangan mereka berhasil memukul mundur ISIS secara bertahap bersamaan dengan melemahnya kawanan teroris ini di berbagai wilayah lain di Irak dan Suriah.

Kobane menjadi simbol perlawanan hebat terhadap kelompok teroris bukan saja karena para pejuangnya yang pantang menyerah, tetapi juga karena keberanian, kehebatan dan heroisme kaum perempuan mereka yang seolah tak mau kalah dengan kaum pria di medan laga. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL