suriah kurdi YPGDamaskus, LiputanIslam.com – Para petempur Kurdi yang tergabung dalam Unit Perlindungan Rakyat (YPG) mencapai kemajuan lagi dalam perang melawan pasukan teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di kota Ain al-Arab atau Kobane di bagian utara Suriah dekat perbatasan Turki.

Lembaga Pemantau HAM Suriah Senin (24/11) menyatakan bahwa YPG berhasil merebut kembali beberapa bangunan lagi di pusat kota Kobane setelah terlibat pertempuran sengit melawan ISIS.

Sebagaimana diberitakan Alalam, lembaga yang berbasis di Inggris ini menjelaskan bahwa YPG bergerak maju di sisi utara segi empat otoritas keamanan di sekitar pasar al-Hal. Mereka juga dapat bergerak maju di sisi selatan dan timur Bundaran Azadi (Istiqlal) di bagian utara Kobane.
Dalam pertempuran yang terjadi Ahad malam lalu tak kurang dari 18 mayat petempur ISIS dan sejumlah pejuang Kurdi bertebaran di lokasi pertempuran.

ISIS mulai berusaha menguasai Kobane sejak 16 September lalu. Mereka berhasil masuk ke dalam kota dan menguasai lebih dari separuhnya sejak awal Oktober lalu. Mereka terus mendesak para pejuang Kurdi, namun sejak sekitar tiga minggu lalu giliran mereka yang terdesak, satu persatu posisi-posisi strategis kembali direbut oleh para pejuang Kurdi, dan lebih banyak anggota ISIS yang tewas dibanding pejuang Kurdi.

Laporan lain dari  IRNA menyebutkan bahwa Pemantau HAM Suriah menyatakan sedikitnya 22 anggota ISIS terbunuh akibat serangan udara terbaru pasukan koalisi internasional dan angkatan udara Suriah di kawasan Deir al-Zor di bagian utara negara ini. Sebagian besar dari puluhan teroris itu tewas akibat serangan udara pasukan pemerintah Suriah. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL