Arbil, LiputanIslam.com –  Kepala Biro Kontra-Terorisme Irak Mayjen Fadhil Jamil al-Barwari menyatakan pihaknya belum dapat mengonfirmasi kabar kematian gembong kelompok teroris ISIS Abu Bakar al-Baghdadi.

“Sumber-sumber intelijen kami tidak mengonfirmasi berita kematian al-Baghdadi, karena hampir empat bulan tidak ada informasi mengenai keberadaannya di Irak,” ungkapnya dalam wawancara dengan kantor berita Iran, IRNA, Rabu (12/7/2017).

Dia mengingatkan bahwa dalam tiga tahun terakhir sudah berulangkali al-Baghdadi dikabarkan tewas tapi kabar itu tidak jelas kebenarannya.

Menurutnya, pasukan Irak terus berusaha menghimpun informasi mengenai nasib orang yang dianggap khalifah oleh ISIS tersebut, dan jika ada data yang valid maka penjelasannya akan dipublikasi.

Seperti diketahui, al-Baghdadi belakangan ini ramai dikabarkan sudah meninggal dunia sehingga merebak pula isu bahwa dia akan diteruskan oleh orang lain.

Sudah sekian bulan tempat persembunyian dan nasib al-Baghdadi tak terpantau, dan sejauh ini dia memang sudah berulangkali dikabarkan tewas akibat serangan udara, tapi selanjutnya diketahui bahwa kabar itu tidak benar.

Di Irak sendiri ada sumber-sumber terpercaya yang menyebutkan bahwa pasukan koalisi internasional pimpinan AS diam-diam menjalin komunikasi dengan ISIS sehingga bahkan terjadi kasus-kasus relokasi para komandan ISIS di berbagai wilayah Irak oleh pasukan koalisi.

Pada Juli 2017 sempat tersiar penggalan video di dunia maya yang merekam pendaratan enam unit helikopter AS di kota Hawija yang kuasai ISIS di selatan Kirkuk, dan beberapa lama kemudian terbang lagi tanpa ada kejelasan mengenai apa dan siapa yang dibawa oleh helikopter itu. Video itu dipublikasi oleh pasukan Kurdistan Irak, Peshmerga. (mm/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL