mobil isis hancurmobil isis dibomBaghdad, LiputanIslam.com – Pejabat intelijen kelompok teroris takfiri Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dan 48 anggota lain kelompok teroris takfiri ini tewas di dua tempat terpisah di Irak, Rabu (27/1).

“Pejabat intelijen ISIS Abu Marwan al-Musili bersama dua teroris lain yang satu di antaranya adalah saudara Abu Marwan terbunuh di kota Shurkat, 40 km utara Tikrit, akibat ledakan bom yang dipasang di bawah mobil mereka,” ungkap komandan pasukan relawan Irak al-Hashd al-Shaabi, Jibar al-Ma’mouri, sebagaimana dilansir al-Sumaria News.

Dia mengatakan belum jelas siapa atau kelompok mana yang memasang dan meledakkan bom itu, namun ada data dan indikasi bahwa ketiganya dibunuh oleh anggota ISIS sendiri akibat perang kekuasaan di antara mereka hingga memicu bentrokan berdarah dan perebutan harta kekayaan di berbagai kawasan yang mereka duduki. Kota Shurkat sejak Juni 2014 sampai sekarang masih diduduki ISIS dan menjadi salah satu basis utama mereka di provinsi Salahuddin.

Sementara itu, sebagaimana dikutip Rai al-Youm, Media War Cell Irak melaporkan bahwa pasukan keamanan Irak berhasil melancarkan sebuah operasi khusus yang menewaskan 48 teroris ISIS di kawasan Hasibah al-Sharqiyah, provinsi Anbar. Dalam operasi itu sebanyak tujuh sarang teroris menjadi target gempuran Brigade Rudal al-Karrar.

Sebelum itu, sumber keamanan Irak menyatakan enam teroris juga menemui ajalnya di timur Ramadi, ibu kota provinsi Anbar, 110 km barat Baghdad. “ISIS mencoba menyerang salah satu kelompok pasukan kami di kawasan sekitar al-Sufiyah, namun pasukan segera bereaksi dan berhasil membunuh enam anggota ISIS dan menggagalkan serangan itu sepenuhnya,” ungkap Kolonel Yasir al-Dailami, juru bicara Kepolisian Anbar kepada DPA.

Dia menjelaskan bahwa lepasnya sebagian besar wilayah di timur kota Ramadi serta kaburnya para komandan asing ISIS menuju wilayah Suriah telah membuat para anggota ISIS yang tersisa terpaksa menggunakan cara-cara serangan bom bunuh diri dalam menghadapi pasukan Irak. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL