NewYork, LiputanIslam.com –  Majelis Umum PBB menegaskan kedaulatan Suriah atas wilayah Golan yang diduduki oleh Rezim Zionis Israel.

Majelis ini, Ahad (23/12/2018), menyetuji resolusi yang memastikan kedaulatan permanen Suriah atas sumber daya alam di Golan Suriah.

Resolusi itu disetujui atas rekomendasi Komisi Ekonomi dan Keuangan dengan 159 suara setuju, sementara hanya tujuh suara menentang, dan 13 abstain.

Dalam resolusi ini Majelis Umum PBB menegaskan kembali hak-hak Suriah di Golan Suriah atas sumber daya alam antara lain tanah, air dan sumber daya energi.

Majelis ini mendesak Israel agar tidak mengeksploitasi, menghancurkan, menyebabkan kehilangan, penipisan, atau membahayakan sumber daya alam Golan.

Resolusi itu juga meminta Sekjen PBB Antonio Guterres untuk menyerahkan laporan tentang implementasi resolusi tersebut pada sesi berikutnya.

Sementara itu, Utusan Suriah untuk PBB menekankan perlunya laporan Guterres untuk memasukkan deskripsi hukum yang tepat berdasarkan resolusi –resolusi  Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB yang relevan serta resolusi 497 tentang praktik otoritas pendudukan Israel di Dataran Tinggi Golan, dan tidak hanya meninjau beberapa praktik yang melanggar hukum internasional tanpa mengambil posisi yang jelas untuk mengecam atau menetapkan sikap PBB terhadapnya.

Utusan Suriah untuk PBB menegaskan bahwa tindakan Israel yang paling berbahaya ialah untuk penyelenggaraan pertama kalinya “pemilihan dewan lokal” di desa-desa Golan, dan bahwa langkah demikian merupakan pelanggaran yang mencolok terhadap resolusi Dewan Keamanan nomor 497 tahun 1981. (mm/rt)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*