UN kang kyung-whaNew York, LiputanIslam.com – Asisten Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (Sekjen PBB) untuk Urusan Kemanusiaan dan Deputi Urusan Bantuan Darurat, Kyung-wha Kang, menyatakan Resolusi PBB No. 2139 yang diberlakukan Dewan Keamanan (DK) PBB sejak tiga bulan lalu terkait krisis kemanusiaan di Suriah sampai sekarang masih belum terimplementasikan.

Dalam laporannya pada sidang DK PBB yang membahas resolusi tersebut, Kang menyatakan bahwa kekerasan di Suriah masih berlanjut dan dilakukan oleh semua pihak yang bertikai hingga menyebabkan terbunuh dan teraniaya warga sipil, termasuk kaum perempuan dan anak-anak kecil. Semua pihak telah melakukan pelanggaran secara terbuka terhadap undang-undang kemanusiaan internasional dan hak asasi manusia, serta mengosilasi para korban sipil dari bantuan kemanusiaan.

Diplomat asal Korea Selatan itu menyerukan supaya ada upaya keras lagi secara cepat, aman dan tanpa hambatan bagi penyaluran bantuan kepada segenap warga Suriah yang sangat memerlukan bantuan. Dia menegaskan bahwa semua jalan harus dibuka untuk menyampaian bantuan dan pertolongan medis kepada para korban luka dan warga yang sakit.

Kyung-wha Kang menekankan bahwa sekarang sudah tidak ada waktu lagi untuk menerapkan pembatasan kewenangan dalam mekanisme penyaluran bantuan dan menyangkut siapa yang akan mengantarkannya. Dia mengingatkan bahwa perwakilan PBB dan para mitranya tengah bekerja keras dan seoptimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat di Suriah. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL