NewYork, LiputanIslam.com –  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyelidiki kebenaran laporan mengenai terbunuhnya puluhan warga sipil di Sanaa, ibu kota Yaman, akibat serangan udara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi pada Rabu pagi (23/8/2017).

“Kami mendepatkan berita-berita mengenai serangan udara terhadap sebuah hotel dekat Sanaa, dan kami mendengar bahwa di sana banyak jatuh korban, tapi sampai sekarang kami belum dapat memastikan kebenaran berita –berita ini,” ungkap juru bicara Sekjen PBB Stephane Dujarric, Rabu.

Menurutnya, Komisi Tinggi HAM PBB (OHCHR), sedang menyelidiki kasus tersebut. Dia juga mengingatkan bahwa di mata PBB segala serangan terhadap warga sipil tidak dapat diterima.

“Kami telah menegaskan (hal ini) di masa lalu dan akan kembali menegaskannya,” ungkap Dujarric.

Kantor berita Cina, Xinhua, melaporkan bahwa pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi telah menyerang sebuah hotel di utara Sanaa. Berbagai laporan lain menyatakan bahwa korban tewas akibat serangan ini mencapai lebih dari 40 orang.

Dewan Tinggi Politik Yaman, Rabu malam,  merilis statemen menegaskan akan melakukan balasan telak terhadap serangan membabi buta Arab Saudi dan sekutunya tersebut.

“Rakyat hendaknya bersiap dengan babak baru pertempuran, dan balasan bagi para agresor akan lebih telak,” bunyi statemen itu.

Data terbaru mencatat korban tewas akibat serangan brutal terhadap sebuah hotel di kawasan Bait al-Aza, Arhab, di utara Sanaa, itu mencapai  46 orang.  Sebelumnya korban tewas dilaporkan berjumlah sedikitnya 35 orang sementara korban luka 13 orang.

Pemimpin Ansarullah (Houthi) Abdul Malik Badruddin al-Houthi juga merilis statemen mengutuk serangan keji itu.

“Tanggungjawab kita adalah melawan para agresor… Serangan ke Sanaa pagi hari ini menunjukkan bahwa kita rakyat Yaman menjadi sasaran serangan, dan kita harus mengatasi problematika dalam negeri, dan agresi harus kita hadapi dengan penuh tanggangjawab dan serius,” tegasnya. (mm/rt/irna)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL