Sanaa, LiputanIslam.com –  Sebuah laporan PBB mengungkap dukungan Arab Saudi dan Uni Emirat Arab (UEA) kepada kelompok-kelompok bersenjata dan tindakan keduanya melakukan penangkapan secara ilegal dan penghilangan orang secara paksa di Yaman.

Tim ahli komisi sanksi internasional di Yaman dalam laporannya menyebutkan bahwa  kelompok-kelompok bersenjata itu mendapatkan dana dan bantuan langsung dari Saudi dan UEA, dan salah satu kelompok itu berada di Taiz dan dipimpin oleh Abu al-Abbas al-Salafi, orang yang didanai oleh UEA dan memperkenankan kawanan teroris al-Qaeda menyebar di Yaman.

Rincian laporan yang dirahasiakan oleh negara-negara anggota Dewan Keamanan PBB sejak menerimanya pada awal Agustus 2017 itu mengkonfirmasi apa yang dikabarkan oleh sebuah kantor berita dan sebagian lembaga peduli HAM semisal Human Right Wath (HRW) bahwa pemerintah UEA mengelola langsung ataupun melalui agen lokalnya – untuk menghilangkan jejak- penjara kota di sejumlah provinsi di Yaman selatan.

Tim tersebut menyatakan prihatian atas keberadaan anggota koalisi Arab pimpinan Saudi secara tersembunyi di balik modus tersebut demi menghindari tanggungjawab atas berbagai tindak pelanggaran kemanusiaan yang dilakukan oleh pasukannya dalam serangan udara di Yaman.

Laporan tim ini juga menyebutkan bahwa koalisi pimpinan Saudi secara de facto telah menerapkan larangan masuk kepada para wartawan dan sebagian lembaga swadaya masyarakat ke Yaman, dan tim ini masih akan merampungkan investigasinya sampai waktu penyerahan laporan final pada akhir tahun ini. (mm/alalam/aljazeera)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL