NewYork, LiputanIslam.com –  Utusan Khusus PBB untuk Yaman Martin Griffiths menyambut baik inisiatif kelompok Ansarullah (Houthi) di Yaman menghentikan serangan terhadap Arab Saudi, dan menilainya dapat mengakhiri perang di Yaman.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis  di New York, AS, Sabtu (21/9/2019), Griffiths menyatakan “menyambut baik inisiatif yang diumumkan oleh Ansarullah pada 20 September untuk menghentikan serangan militer terhadap Arab Saudi”.

Dia mengaku “juga menyambut ungkapan keterbukaan yang lebih besar bagi implementasi perjanjian pertukaran tahanan dan hasrat kepada solusi politik demi mengakhiri konflik.”

Griffiths menekankan “pentingnya memanfaatkan peluang ini dan membuat kemajuan dalam langkah-langkah untuk mengurangi kekerasan, eskalasi militer, dan retorika yang tidak membantu”.

Baca: Pimpinan Houthi Yaman Bersumpah Akan Beri Serangan Mematikan ke Saudi

“Implementasi inisiatif ini dicetuskan oleh Ansarullah dengan itikad baik dan dapat menjadi pesan kuat tentang keinginan untuk mengakhiri perang,” imbuhnya.

Sabtu kemarin Arab Saudi menanggapi inisiatif ini dengan hati-hati  dengan menyatakan bahwa pelajaran ada “dalam perbuatan, bukan dalam kata-kata”.

Baca: Ansarullah Yaman Hentikan Serangan ke Saudi, Mengapa?

Jumat lalu Ansarullah melontarkan gagasan penghentian serangan terhadap Saudi dengan harapan Saudi membalasnya dengan penghentian serangan udaranya terhadap Yaman. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*