ban-ki-moonBeirut, LiputanIslam.com – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Ban Ki-moon dalam laporannya menyebutkan adanya koordinasi antara tentara Israel dan kawanan bersenjata di kawasan al-Fasl di Dataran Tinggi Golan, termasuk berkenaan dengan asal muasal persenjataan berat yang dimiliki oleh kelompok-kelompok bersenjata di Suriah.

Demikian dilaporkan situs berita al-Mayadeen yang berbasis di Lebanon, Kamis (4/12), sembari menyebutkan bahwa masalah ini akan dibahas oleh Dewan Keamanan PBB dalam rapat yang akan digelar pada bulan Desember ini.

Menurut al-Mayadeen, dalam laporan itu Ban menyebutkan beberapa persoalan antara lain kerjasama tentara Israel dengan militan, persenjataan di kamp pengungsi di kawasan al-Fasl, serta ancaman terhadap pemenggalan kepala pasukan PBB oleh militan serta upaya mereka mengusir pasukan PBB dari posisi-posisinya.

Laporan itu juga menyatakan bahwa di kawasan tersebut terjadi pertempuran sengit antara tentara Suriah di satu pihak dan pihak lain yang disebut oleh laporan itu sebagai “kelompok-kelompok bersenjata”, bukan teroris, terutama Front al-Nusra.

Meskipun tidak menyebutkan sumber persenjataan yang dimiliki kelompok-kelompok itu, namun laporan Ban Ki-moon menyinggung secara garis besar adanya koordinasi Israel dengan mereka.

Dia juga menyatakan bahwa kelompok-kelompok bersenjata itu meningkatkan serangan sehingga pasukan penjaga perdamaian PBB di Dataran Tinggi Golan (UNDOF) terpaksa meninggalkan beberapa posisinya.

Lebih jauh, mengingat adanya kendala dan keterbatasan lokasi, dia mencanangkan pengurangan jumlah pasukan UNDOF dari 929 dan menjadi 750 personil serta merencanakan pembentukan kembali 200 petugas dan mengadakan tempat-tempat pemantauan di sisi wilayah Israel untuk mengawasi kasus-kasus pelanggaran.

Pada bagian ringkasan laporan Ban Ki-moon dia mengimbau Dewan Keamanan supaya memperpanjang masa tugas UNDOF untuk jangka waktu enam bulan lagi, yakni hingga 3 Juni tahun depan, tanpa ada perubahan apapun dalam misinya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL