yaman Ismail Ould Cheikh AhmedDoha, LiputanIslam.com – Utusan Khusus PBB untuk Yaman Ismail Ould Cheikh Ahmed menyatakan bahwa perundingan damai untuk mengakhir konflik Yaman mengalami kemajuan, dan perjanjian gencatan senjatapunberjalan dengan baik di sebagian besar wilayah negara ini.

“Gencatan senjata yang diterapkan sejak 10 April lalu oleh pihak-pihak yang terlibat konflik di Yaman diindahkan di sebagian besar wilayah negara ini, meskipun ada beberapa pelanggaran… Sekitar 80-90 persen pertempuran sudah terhenti, tapi kekerasan masih berlanjut di sebagian kawasan,” ungkapnya dalam pertemuan Doha Forum di Doha, ibu kota Qatar, Minggu (22/5), sebagaimana dilansir Associated Press.

Mengenai kelambanan proses perundingan damai Yaman dia mengatakan bahwa yang jelas sudah terjadi kemajuan yang, menurutnya, bahkan sulit dipercaya. Dia mengaku optimis bahwa konflik Yaman akan segera berakhir, dan dewasa ini penduduk Yaman merasakan bahwa gencatan senjata memang diberlakukan.

Delegasi presiden Yaman tersingkir Abd Rabbuh Mansour Hadi dalam perundingan di Kuwait pekan lalu melakukan aksi walk out. Tapi menurut keterangan PBB, Mansour Hadi dalam pertemuan dengan Sekjen PBB Ban Ki-moon dan Emir Qatar Sheikh Tamim Bin Hamad Al Thani di Doha menyetujui kembalinya utusan tersebut ke meja perundingan.

Pada September 2014 Mansour Hadi kabur dari Yaman ke Arab Saudi setelah Sanaa, ibu kota Yaman, dikuasai oleh milisi Ansarullah yang menggerakkan revolusi anti pemerintahan Mansour Hadi. Saudi dan sekutunya kemudian melancarkan serangan tanpa henti ke Yaman sejak Maret 2015 sampai sekarang, meskipun dengan intensitas yang jauh berkurang sejak gencatan senjata diterapkan.

Ismail Ould Cheikh Ahmed berharap banyak persoalan pelik dapat dibicarakan dalam perundingan antarkelompok Yaman di Kuwait, tapi dia mengaku tak dapat menjamin perundingan itu akan membuahkan hasil.

“Saya tidak dapat memberikan jaminan kepada Anda bahwa perundingan ini akan membuahkan hasil, karena meskipun seandainya pencapaian hasil final sudah sangat dekat, tapi bisa saja gagal akibat sikap pihak tertentu,” pungkasnya. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL