jabhah-al-nusraMoskow, LiputanIslam.com –Utusan Khusus PBB untuk Suriah Staffan de Mistura menegaskan lagi seruannya kepada kelompok teroris Jabhat al-Nusra, cabang al-Qaeda di Suriah, supaya angkat kaki dari Aleppo timur.

Seruan ini pernah disampaikan de Mistura pada 6 Oktober lalu. Saat itu dia menyatakan siap mengawal mereka jika mereka bersedia meninggalkan Aleppo menuju Idlib atau tempat-tempat lain.

Dia mengingatkan bahwa Aleppo timur akan hancur jika aksi militer berkelanjutan di kawasan ini.

“Permintaan kami yang paling mendesak sekarang ini ialah tempat perlindungan. Musim dingin, dan tempat-tempat penduduk berada, musim dingin datang segera datang,” katanya dalam jumpa pers bersama Jan Egeland, penasehat kemanusiaan Utusan Khusus PBB untuk Suriah, Kamis (1/12/2016).

Dia menambahkan, “Sekarang, berkenaan dengan ini saya memperbarui permintaan kami kepada al-Nusra supaya meninggalkan Aleppo timur dengan perjalanan yang aman. Ini akan membantu menghindari pertumpahan darah, dan meningkatkan pengaruh kami dalam mengupayakan jeda yang mendesak.”

Jan Egeland pada kesempatan yang sama meminta semua kalangan yang berkepentingan agar bertindak proaktif dalam masalah ini karena situasi kemanusiaan di Aleppo akan memburuk di musim dingin. (mm/sputnik)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL