pbb staffan de misturaJenewa, LiputanIslam.com – Utusan PBB untuk Suriah Staffan de Mistura, Kamis (28/4), meminta para pemimpin Amerika Serikat (AS) dan Rusia berusaha menyelamatkan gencatan senjata yang sudah diterapkan dengan susah payah sejak dua bulan lalu di Suriah demi melancarkan proses perdamaian di negara ini.

De Mistura mengaku cemasnya atas melemahnya gencatan senjata di Aleppo dan sedikitnya tiga lokasi rawan lainnya, namun demikian dia menyatakan adanya kedekatan pandangan antara pemerintah Damaskus dengan sejumlah kelompok oposisi Suriah mengenai proses politik di negara ini. Karena itu dia meminta supaya ada satu inisiatif segera dari Washington dan Moskow pada level tertinggi, karena Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin sebelumnya juga sudah menghasilkan inisiatif yang bagus dan efektif sehingga patut ditindak lanjuti hingga tuntas.

“AS dan Rusia harus menyelenggarakan sidang tingkat menteri luar negeri kekuatan-kekuatan utama internasional dan regional yang menjadi anggota International Syria Support Group (ISSG),” katanya di Jenewas, Swiss, seperti dilansir Reuters.

Dia menambahkan bahwa AS dan Rusia telah banyak berinvestasi politik demi suatu keberhasilan dan sama-sama mendambakan Suriah tidak masuk lagi dalam perang babak baru sehingga tidak ada alasan bagi keduanya untuk gagal menyelamatkan apa yang sudah mereka ciptakan dan hingga kini “masih hidup namun kekurangan nyawa.”

Sementara itu, Washington Post dalam editorialnya Rabu (28/4) menilai kerjasama AS dengan Rusia dalam upaya mencarikan solusi jangka panjang bagi perang saudara di Suriah mulai rapuh. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL