pbb lebanon - sigrid kaagTeheran, LiputanIslam.com – Kordinator Khusus Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Sigrid Kaag mengimbau pemerintah Iran membantu mengatasi ketegangan antara milisi Hizbullah dan Israel.

Menurut laporan Tasnimnews, imbauan ini dikemukakan Kaag dalam kontak telefon dengan Deputi Menteri Luar Negeri Iran Urusan Arab dan Afrika Hossein Amir Abdollahian, Kamis (29/1/2015), menyusul ketegangan pasca serangan Hizbullah terhadap konvoi militer Israel di wilayah pertanian Shebaa dekat perbatasan Lebanon-Israel.

Israel mengaku dua tentaranya tewas dan tujuh lainnya luka-luka akibat serangan itu, namun sumber-sumber lain menyebutkan jumlah yang lebih besar.

Menanggapi imbauan tersebut pemerintah Iran menegaskan bahwa milisi Hizbullah yang berbasis di Lebanon berhak membela diri sehingga menyerang tentara Zionis Israel.

“Serangan Hizbullah terhadap militer Zionis didasarkan pada hak yang sah untuk membela diri,” ujar Abdollahian.

Dia menjelaskan bahwa pihak Israel yang jelas-jelas memulai serangan terhadap Hizbullah sehingga mendapat serangan balasan dari Hizbullah.

“Israellah yang memulai dengan melancarkan agresi ke Quneitra di Golan, Suriah, dan menyerang para pejuang Hizbullah yang berada di front terdepan dalam memerangi teroris. Tapi sayang, kami tidak melihat reaksi apapun dari PBB terhadap agresi secara terbuka ini,” ungkapnya.  (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*