mosul warGenewa, LiputanIslam.com – Lebih dari seribu orang tewas akibat perang dan berbagai aksi kekerasan lain di Irak sejak para ekstrimis bersenjata beraksi secara fenomenal di Irak bagian utara. Demikian dilaporkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sembari menyebutkan bahwa sekitar tiga perempat dari total jumlah korban adalah warga sipil, sebagaimana dilansar berbagai media di Timur Tengah, Selasa (24/6/2014).

Juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk HAM, Ropert Colville, kepada wartawan di Genewa mengatakan, sedikitnya 1,075 orang tewas dan 658 lainnya cidera di Irak sepanjang 17 hari dari tanggal 5 Juni hingga 22 Juni 2014.

“Angka ini harus dipandang sangat minimal,” ujar Colville.

Dia menambahkan bahwa sedikitnya 757 orang terbunuh dan  599 lainnya cidera di provinsi Ninawa, Diyala dan Salah al-Din. Sebagian korban adalah orang-orang yang tewas akibat eksekusi militan terhadap warga sipil, polisi dan tentara di luar pertempuran.

Kemudian, setidaknya  318 orang tewas dan 590 lainnya cidera di Baghdad dan beberapa area di Irak selatan. Sebagian besar mereka adalah korban sedikitnya enam kasus ledakan bom mobil.

Selain pembunuhan, lanjut Colville, aksi penculikan secara masif juga dilaporkan masih terus terjadi di berbagai provinsi Irak yang terdampak aksi kelompok-kelompok bersenjata. Korban penculikan antara lain 48 warga Turki yang diculik dari kantor konsulat Turki di Mosul, dan –menurut Kementerian Luar Negeri India- sekitar 40 warga India yang bekerja di perusahaan konstruksi Irak pada 18 Juni lalu.

Situasi Irak membara menyusul serbuan gerilyawan Daulat Islam Irak dan Suriah (ISIS) bersama beberapa kelompok militan lainnya ke Mosul serta jatuhnya kota ini ke tangan kelompok teroris terafiliasi dengan al-Qaeda tersebut pada tanggal 10 Juni lalu. Krisis keamanan ini membuat Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengumumkan status siaga, para ulama dari semua mazhab menyerukan fatwa jihad melawan ISIS, dan tentara Irak bersama ribuan relawanpun bahu membahu memerangi militan ISIS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL