pbb farhan haqNewYork, LiputanIslam.com – Wakil Juru Bicara Sekjen PBB Farhan Haq menyatakan ada kemungkinan perundingan untuk mengatasi krisis Yaman diselenggarakan di Jenewa, Swiss.

“Jenewa adalah satu tempat yang diusulkan untuk menyelenggarakan perundingan ini,” katanya dalam konferensi pers di markas PBB, New York, Amerika Serikat, Rabu (6/5), tanpa menyebutkan kapan kira-kira perundingan itu akan digelar, sebagaimana dilansir IRNA.

Dia hanya memastikan bahwa Sekjen PBB Ban Ki-moon terus mengupayakan gencatan senjata di Yaman karena bantuan kemanusiaan sangat mendesak untuk segera dikirim ke negara miskin Arab tersebut.

Menurut Haq, diplomat Mauritania Ismail Walad Al-Sheikh Ahmed selaku utusan Sekjen PBB di Yaman akan menemui semua pihak terkait di Yaman, termasuk gerakan Ansarullah (Houthi).

Ansarullah dalam statemennya yang disampaikan oleh tokoh kelompok ini Mohammad al-Bukhaiti Selasa lalu (5/5) menyatakan penolakannya terhadap konferensi dialog Riyadh, Arab Saudi, untuk mengatasi krisis Yaman.

Di pihak lain, Riyadh Yasin selaku menteri luar negeri pemerintahan pelarian Yaman dalam konferensi pers di Riyadh, ibu kota Saudi, yang menjadi tempat pelariannya menyerukan kepada masyarakat internasional supaya “menyelamatkan” kota Aden yang menjadi markas kelompok-kelompok bersenjata pendukung presiden pelarian Yaman Abd Rabbuh Mansur Hadi.

Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh wakil pemerintahan Hadi di PBB, Khalid al-Yamani. Menurut Reuters, dalam suratnya kepada Dewan Keamanan PBB Rabu (6/5) dia meminta supaya serangan darat segera dilakukan di Yaman, terutama Aden dan Taiz. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL