pengungsi irakNewYork, LiputanIslam.com – Wakil Khusus Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Irak Jacqueline Badcock Selasa (4/11) merilis statemen mengingatkan bahwa menjelang musim dingin di Irak nasib 1,3 juta pengungsi negara ini bergantung pada bantuan kemanusiaan masyarakat dunia secepat mungkin.

Dia menyatakan bahwa menjelang musim dingin hujan deras sering turun di sebagian besar wilayah Irak, dan sebelum tiba musim ini para pengungsi yang sebagian besar adalah anak kecil itu harus mendapat bantuan seperti sepatu dan pakaian khusus musim dingin.

“Di sebagian wilayah negara ini musim dingin tiba lebih cepat dan sekarang sudah dimulai, sementara hujan deras, badai dan suhu cuaca yang rendah telah membuat sebagian besar pengungsi mengalami banyak kesulitan,” ungkap Badcock, sebagaimana dikutip IRNA.

Dia menambahkan, “Ketidak beresan dalam penyediaan pakaian dan fasilitas penghangat ruangan akan berbahaya dan menimbulkan banyak persoalan untuk para pengungsi Irak ini.”

Sementara itu, Kantor Kordinasi Urusan Kemanusiaan PBB menyatakan bahwa untuk membantu hampir 1,3 juta pengungsi diperlukan anggaran sedikitnya 173 juta Dolar AS.

Menurut data yang dirilis PBB, aksi brutal kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dalam jangka waktu sejak Januari sampai sekarang telah membuat hampir 2 juta penduduk Irak terpaksa mengungsi dan dewasa ini hampir separuhnya berada di daerah pegunungan di wilayah Kurdistan Irak dengan suhu cuaca minus derajat Celcius.

Wakil Sekjen PBB mengatakan bahwa jika permohonan untuk bantuan kemanusiaan untuk 1,8 pengungsi yang berada di bawah kontrol bidang bantuan bahan makanan lembaga tersebut tidak terpenuhi secepatnya maka para pengungsi itu tidak akan bisa memenuhi kebutuhannya yang paling pokok.

Sebelumnya, Kantor Kordinasi Urusan Kemanusiaan PBB melaporkan perihal memburuknya kondisi sekitar 5,2 warga Irak, dan untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka diperlukan dana sedikitnya 2,2 juta Dolar AS. (mm)
2,2 juta Dolar AS. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL