Ban Ki-moonNewYork, LiputanIslam.com – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengumumkan bahwa Israel dan Gerakan Perlawanan Islam Palestina, Hamas, sepakat menerapkan gencataan senjata demi kemanusiaan untuk jangka waktu 72 jam yang dimulai sejak Jumat (1/8) pukul 08.00 waktu Palestina, demikian dilaporkan Aljazeera.net.

Disebutkan bahwa Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry telah merilis statamen bersama berisikan seruan kepada semua pihak yang bertikai supaya menahan diri dan konsisten kepada kewajiban masing-masing selama pemberlakuan gencatan senjata tersebut.

Selain itu, Ki-moon dan Kerry juga menyatakan bahwa semua satuan militer darat Israel tetap bertahan pada posisinya dan tidak akan ditarik dari lokasi-lokasi yang mereka diduduki di Jalur Gaza.

Gencatan senjata ini diumumkan menyusul seruan Dewan Keamanan PBB Kamis (31/7) supaya gencatan senjata demi kemanusiaan segera diterapkan tanpa syarat demi memberikan kesempatan bagi penduduk Palestina di Jalur Gaza untuk mendapatkan pertolongan. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL