Jenewa, LiputanIslam.com –  Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan kelompok teroris ISIS menjadikan lebih dari warga sipil di kota Mosul sebagai perisai manusia.

“Lebih dari 100.000 warga sipil bisa jadi masih tertahan di Kota Tua. Kami tahu bahwa ISIS memindahkan mereka bersama mereka saat mereka pergi … lokasi di mana pertempuran sedang berlangsung. Warga sipil ini pada dasarnya dipegang sebagai perisai manusia di Kota Tua, ” ungkap Bruno Geddo  yang memimpin perwakilan UNHCR di Irak  kepada wartawan di Jenewa, Swiss, Jumat (16/6/2017).

Dia menambahkan bahwa di daerah itu nyaris tidak tersedia makanan, air, listrik dan bahan bakar, dan warga sipil “tinggal dalam situasi penindasan dan kepanikan yang semakin memburuk karena mereka dikelilingi oleh pertempuran di setiap sisi.”

Geddo mencatat bahwa penembak jitu ISIS mengancam membunuh siapa saja yang mencoba meninggalkan bagian kota Mosul yang mereka kuasa, dan sejumlah kecil warga sipil yang berhasil melarikan diri  mengalami kondisi yang “sangat trauma.”

Pejabat senior AS mengatakan Komisioner  Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) sejauh ini telah memberikan bantuan kepada lebih dari 500.000 pengungsi, dan membantu mereka yang sudah pulang ke bagian kota Mosul yang telah dibebaskan oleh pasukan Irak.

Sementara itu, pasukan Irak berhasil membebaskan dua desa di sebelah barat Mosul

Komandan Operasi Pembebasan Nineveh, Jenderal Abdul Amir Rashid Yarallah, Jumat, mengumumkan  bahwa tentara dari Divisi 15 Angkatan Darat Irak telah merebut kembali desa al-Zanazal dan Abu Kaddour serta sebuah gereja di sebelah timur al-Kasik al-Mahalibiyah, dan mengibarkan  bendera Irak di beberapa bangunan di sana.

Pasukan pemerintah Irak juga menggempur sebuah kelompok gerilyawan ISIS di distrik al-Shifa, menyebabkan puluhan teroris tewas dan terluka.

Secara terpisah, Panglima Pasukan Polisi Federal Letnan Jenderal Shaker Jawdat mengatakan bahwa tentara Irak terlibat dalam pertempuran sengit dengan ISIS di Mosul barat, dan berhasil mengendalikan 30 persen distrik al-Shifa. (mm/presstv)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL