serdadu isisBaghdad, LiputanIslam.com –  Komisioner Tinggi PBB untuk HAM Zaid Ra’ad al-Hussein menyatakan kuatir terhadap kuatnya kemungkinan ISIS menjadikan warga sipil sebagai tameng, atau akan membunuhi mereka di Mosul.

Dia mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan laporan bahwa pekan lalu ISIS menyekap sekira 200 keluarga di Mosul, dan memaksa sekitar 350 keluarga lain agar pindah dari Najafiah menuju Mosul, sehingga ada dugaan bahwa mereka akan dijadikan sebagai perisai hidup untuk menahan gerak maju pasukan Irak ke dalam kota Mosul.

Sumber pemerintahan lokal Nineveh Jumat mengatakan bahwa pertempuran masih berlangsung antara pasukan Irak dan para kombatan ISIS di sekitar distrik Bartella yang sudah berhasil dibebaskan oleh pasukan Irak, karena ISIS berusaha merebutnya kembali, termasuk dengan cara mengandalkan serangan-serangan bom bunuh diri.

Gejolak Teror di Kirkuk

Perdana Menteri Irak Haider Abadi menginstruksikan pengiriman pasukan tambahan untuk memburu para pelaku teror di provinsi Kirkuk.

“Beliau mengeluarkan instruksi ini menyusul terjadinya serangan-serangan teror ISIS terhadap sejumlah kawasan dan fasilitas infrastruktur kota di Kirkuk,” ungkap kantor perdana menteri Irak dalam statemennya, Jumat (21/10/2016).

Disebutkan bahwa istruksi itu dikeluarkan untuk menghadapi dan memburu para anggota ISIS yang masih ada dan bermaksud melancarkan serangan-serangan bom bunuh diri seperti yang mulai dilakukan oleh kelompok teroris ini sejak Jumat pagi terhadap markas dan pos keamanan.

Jumat pagi ISIS melancarkan serangan lagi terhadap instalasi pembangkit listrik di kota kecil al-Dabis dan mendapat reaksi perlawanan oleh pasukan Irak hingga terjadi kontak senjata .

Seorang pria bernama Hani Aidan Mostafa yang diduga sebagai anggota ISIS tertangkap dan mengaku bahwa kelompok ini sengaja melancarkan serangan teror hebat di Kirkuk untuk memecah konsentrasi pasukan Irak yang sedang menjalankan operasi pembebasan Mosul, ibu kota provinsi Nineveh.

Pejabat keamanan setempat mengatakan sebanyak enam polisi dan 12 anggota ISIS tewas dalam kontak senjata.  (mm/afp/alsumarianews)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL