Paus FranciscusIstanbul, LiputanIslam.com – Pemimpin Katolik sedunia Paus Franciscus mengharapkan tergalangnya kerjasama antara umat Islam dan umat Kristiani dalam penegakan keadilan, perdamaian, stabilitas, dan hak asasi manusia.

Sebagaimana diberita Reuters dari Istanbul, hal ini dikemukakan Sri Paus dalam pertemuan dengan pemimpin Kristen Ortodoks sedunia, Patriarch Bartholomew I, di Gereja Ortodoks Turki, Minggu (30/2).

Dalam pertemuan ini dua pemimpin umat Kristiani itu menyerukan kerjasama Islam-Kristen, khususnya di berbagai kawasan di mana dulu umat kedua agama ini hidup berdampingan secara rukun, namun sekarang didera oleh peperangan yang sangat mengerikan.

Sri Paus mengimbau umat Islam menentang peperangan dengan negara-negara jiran. Dia juga menyebut para teroris di Suriah dan Irak telah berbuat kejahatan besar di hadapan Tuhan.

Menurutnya, harus ada dialog antarumat beragama dan tindakan pengentasan kemiskinan demi membantu mengakhiri perang di Suriah dan Irak. Umat beragama tidak boleh tidak peduli kepada nasib para korban perang yang terjadi di negara sekitarnya.

“Meniadakan kedamaian orang, melakukan tindak kekerasan atau menyetujui kepada aksi-aksi demikian, apalagi mengarah kepada orang yang paling lemah dan tak berdaya, adalah dosa yang sangat besar di hadapan Tuhan,” tuturnya.

Paus Franciscus juga mengutuk serangan terhadap sebuah masjid di bagian utara Nigeria yang menewaskan sedikitnya 81 orang Jumat lalu. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL