Sanaa, LiputanIslam.com –  Pasukan pertahanan udara tentara Yaman dan Komite Rakyat yang berafiliasi dengan kelompok Ansarullah (Houthi) menyatakan pihaknya berhasil merontokkan jet tempur F-15 milik Arab Saudi di angkasa provinsi Sa’dah di bagian utara Yaman, Rabu sore (21/3/2018).

Sumber militer kepada TV al-Masirah milik Ansarullah mengatakan, “Jet tempur yang tertembak di angkasa Sa’dah itu adalah jenis F-15 yang saat itu sedang membom kawasan permukiman di provinsi ini.”

Ketua Dewan Tinggi Revolusi Mohammad Ali al-Houthi mengucapkan selamat kepada pasukan pertahanan udara Yaman atas keberhasilan ini dan berharap akan terus meraih kemenangan di medan laga.

Jubir Angkatan Bersenjata Yaman Brigjen Sharaf Ghalib Luqman mengatakan bahwa keberhasilan menghancurkan jet tempur F-15 buatan Amerika Serikat ini merupakan babak baru pertahanan setelah tiga tahun agresi pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap Yaman.

Dia menambahkan bahwa peristiwa ini merupakan prestasi baru tentara dan Komite  Rakyat yang menjadi pesan bagi musuh mengenai apa yang akan terjadi pada tahun keempat agresi tersebut.

Menurutnya, tentara dan Komite Rakyat terus menjalankan misinya mengembangkan dan memroduksi senjata pencegah, terutama yang berkaitan dengan modernisasi sistem pertahanan udara dan teknologi pemantauan demi melindungi udara Yaman dari pelanggaran jet tempur musuh.

“Yaman kini memiliki kekuatan militer yang membuatnya mampu menghadapi teknologi modern AS di udara dan darat, dan ini akan terungkap melalui berbagai keberhasilan menyasar pasukan musuh dan posisi-posisi strategis mereka dalam waktu dekat,” ungkap Luqman.

Dia juga mengingatkan bahwa selanjutnya posisi-posisi strategis perekonomian Arab Saudi dan Uni Emirat Arab, baik yang menetap maupun yang bergerak, akan menjadi sasaran serangan pasukan Yaman.

Pasukan pertahanan udara Yaman pada 8 Januari lalu juga telah merontokkan jet tempur F-15 milik pasukan koalisi Arab di angkasa Sanaa, ibu kota Yaman, dengan rudal darat ke udara. Selain itu, pada 7 Januari lalu pasukan Yaman juga telah merontokkan jet tempur Panavia Tornado buatan Inggris di angkasa provinsi Sa’ah. (mm/alalam)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*