milisi ansarallah yamanSanaa, LiputanIslam.com – Tentara Yaman yang didukung pasukan rakyat yang berafiliasi dengan Ansarallah berhasil mematahkan serangan besar-besaran yang dilakukan oleh pasukan pendukung presiden Yaman Abd Rabbuh Mansour Hadi terhadap beberapa kawasan timur provinsi Marib, yaitu al-Jafniyah, al-Fao, Zad dan Hamad al-Masariyah. Demikian dilaporkan al-Mayadeen berdasarkan, Minggu (11/9), sembari menyebutkan bahwa serangan masif itu terjadi menyusul kemajuan besar tentara dan pasukan rakyat Yaman di bagian selatan Arab Saudi hingga berhasil menguasai lokasi-lokasi baru di Dhahran provinsi Asir.

Disebutkan bahwa kawasan perbatasan kedua negara masih terus menjadi ajang perlawanan pasukan Yaman terhadap serangan udara pasukan koalisi pimpinan Arab Saudi terhadap berbagai wilayah Yaman.

Sumber militer Yaman menyatakan tentara dan pasukan komite-komite rakyat telah melancarkan operasi khusus di Dhahran, provinsi Asir, hingga menewaskan dan melukai puluhan tentara Saudi serta menghancurkan dua tank dan satu mobil BMW.

Dia juga menyatakan pihaknya telah menguasai beberapa posisi baru tentara Saudi di kawasan Tughal, Saudi, bersamaan serangan roket pasukan Yaman terhadap peralatan militer Saudi di Najran dan kubu-kubu pertahanan militer Saudi di Jizan.

TV al-Manar melaporkan tiga buldozer Saudi hancur di kawasan al-Rabu’ah, Dhahran, provinsi Asir, dan pasukan Yaman terus bergerak maju setelah menguasai empat pangkalan militer Saudi di Dhahran.

Di pihak lain, serangan udara pasukan koalisi pimpinan Saudi terfokus pada kawasan Fut, distrik Haidan, hingga menewaskan beberapa orang. Saudi juga mengerahkan beberapa helikopternya dalam menyerang Sanaa, ibu kota Yaman, dan beberapa kawasan di distrik Kattaf di bagian Sa’dah.

Dalam pertempuran darat di wilayah Yaman sendiri, pasukan pro-Hadi terus terlibat kontak senjata sengit melawan tentara dan pasukan komite rakyat Yaman di utara dan timur kota Taiz. Pasukan koalisi menyatakan bahwa pertempuran ini merupakan persiapan untuk pertempuran darat lain yang lebih sengit di provinsi Marib sebelum kemudian di Sanaa, namun tentara Yaman menyebut hal itu sebagai klaim dan propaganda semata.

TV al-Masirah milik Ansarallah melaporkan satu perwira Qatar dan beberapa tentara Saudi tewas dalam pertempuran pasukan Yaman melawan pasukan koalisi. Selain itu, satu helikopter Apache milik Saudi juga tertembak jatuh di kawasan Harib di bagian selatan provinsi Marib, sementara dua kendaraan lapis baja dan 10 unit mesin perang lainnya hancur.

Pertempuran dewasa ini terpusat di kawasan al-Jufainah dan al-Zour di bagian selatan provinsi Marib dan bagian timur laut Yaman, bersamaan dengan tersebarnya ribuan pasukan koalisi, sebagaimana dinyatakan oleh pihak koalisi. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL