Sanaa, LiputanIslam.com –  Pasukan Yaman telah melesatkan satu rudal balistik ke arah sasaran militer di Riyadh, ibu kota Arab Saudi, Minggu (5/2/2017).

TV al-Masirah milik Ansarullah (Houthi) mengutip laporan kantor berita resmi Yaman, Saba, melaporkan peluncuran rudal itu “sukses”, sementara kantor berita resmi Iran, IRNA, mengutip laporan al-Alam yang juga milik Iran bahwa satu rudal balistik canggih Yaman telah menerjang sebuah pangkalan militer di Riyadh.

Tak ada laporan lebih lanjut tentang serangan rudal Yaman terhadap Saudi ini.

Laporan lain dari al-Alam menyebutkan tentara Yaman (loyalis mantan presiden Abdullah Saleh) dan pasukan komite-komite rakyat yang berafiliasi dengan Ansarullah telah menghancurkan sebuah kendaraan militer yang di dalamnya terdapat 23 personil “pasukan antek Saudi” di Wadi Namlah, provinsi Marib, Yaman.

Selain itu pasukan aliansi Ansarullah-Saleh juga menggempur beberapa posisi pasukan Arab Saudi di wilayah perbatasan dengan rudal Katyusha.

Di pihak lain, Arab Saudi menegaskan bahwa serangan Ansarullah terhadap kapal perang Saudi pekan lalu tidak akan mempengaruhi sepak terjang Saudi sebagai pemimpin koalisi Arab yang melancarkan operasi militer di Yaman.

Seperti pernah diberitakan, satu kapal frigate milik Arab Saudi mendapat serangan dari pasukan Ansarullah (Houthi) Yaman ketika sedang berpatroli di sekitar pelabuhan Hodeida, Yaman Barat, pada 31 Januari lalu.

Pasukan koalisi pimpinan Saudi menyatakan serangan itu yang menewaskan dua tentara Saudi dan melukai tiga lainnya itu merupakan serangan bom bunuh diri oleh milisi Ansarullah dengan cara menabrakkan perahu hingga terjadi ledakan hebat, sementara tentara Yaman dan pasukan Komite Rakyat Yaman sembari merilis video serangan tersebut menyatakan telah menggempur kapal itu dengan rudal.

Beberapa lama setelah peristiwa ini, seorang pejabat Kemhan AS menyatakan pihaknya telah mengirim kapal perang USS Cole dari kawasan Teluk Persia dan kawasan Selat Bab al-Mandab di barat Yaman. (mm/irna/alalam/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL