القوات اليمنية تحبط هجوما لقوات العدوان ومرتزقته قرب الشريجةSanaa, LiputanIslam.com – Pasukan Yaman yang terdiri atas tentara negara ini dan milisi Ansarallah (Houthi) berhasil menguasai Gunung al-Majbur di timur kawasan strategis Selat Bab el-Mandeb. Bersamaan dengan ini pasukan Yaman juga berhasil mengusir kawanan teroris al-Qaeda dari kota Ji’ar di bagian selatan Yaman.

Alalam, Rabu kemarin (2/12) melaporkan bahwa gunung itu semula menjadi tempat konsentrasi “pasukan bayaran”, yakni pasukan pro Arab Saudi atau pasukan loyalis presiden Yaman tersingkir Abd Rabbuh Mansour Hadi.

Laporan lain dari Hadhramout Gateway News menyebutkan bahwa pasukan al-Qaeda terusir dari kota Ji’ar, provinsi Abyan, setelah pasukan teroris sempat mendudukinya selama beberapa jam dan melancarkan serangan terhadap para komandan komite-komite rakyat yang berafiliasi dengan Ansarallah.

Dini hari Rabu kemarin pasukan al-Qaeda berhasil menduduki kota itu setelah terlibat kontak senjata dengan pasukan komite hingga menewaskan dua komandan komite rakyat, Ali al-Sayyid dan Ahmad Hussain bin Ali al-Yafi’i dan beberapa anggota komite lainnya.

Warga setempat mengatakan bahwa serangan al-Qaeda itu merupakan aksi balas dendam terhadap komite yang telah mengalahkan al-Qaeda beberapa tahun lalu dan berperan besar dalam keamanan kota ini dalam satu tahun terakhir.

Anggota dewan permusyawaratan daerah setempat, Abdullah Jaabal mengatakan, “Para teroris al-Qaeda yang dibantu pasukan bayaran Saudi pendukung Mansour Hadi dini hari ini menyerang dan meledakkan markas komite-komite rakyat di kota Ji’ar kemudian menguasai kota ini. Tapi beberapa jam kemudian tentara dan pasukan keamanan tiba-tiba melancarkan serangan.”

Dia menambahkan bahwa dalam serangan balik pasukan keamanan Yaman yang dibantu pasukan rakyat itu banyak teroris yang tewas, dan mereka yang selamat segera kabur meninggalkan banyak perlengkapan perang mereka. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL