Sanaa, LiputanIslam.com –  Pasukan rudal Yaman melesatkan rudal balistik Badr 1 ke pangkalan militer Arab Saudi di Najran di bagian selatan Saudi, dini hari Jumat (25/5/2018).

Sumber militer Yaman mengatakan, “Rudal balistik Badr 1 telah ditembakkan ke pangkalan militer modern Sharq Beir di Najran.”

Dilaporkan bahwa sejak Maret lalu sampai sekarang pasukan Yaman telah melesakkan lebih dari 40 rudal Badr 1 ke 24 sasaran militer dan ekonomi Saudi di Jizan, Najran, dan Asir.

Di hari yang sama lima warga Yaman, satu di antaranya perempuan, terbunuh dan satu lainnya luka-luka akibat serangan pasukan koalisi Arab pimpinan Arab Saudi distrik Majaz, provinsi Sa’dah.

Pada hari itu Saudi melancarkan 16 kali serangan udara ke rumah-rumah dan lahan pertanian penduduk di berbagai kawasan di distrik Baqim.

Sementara itu, Kepala Kantor PBB untuk Kordinasi Urusan Kemanusiaan Sir Mark Andrew Lowcock menyatakan bahwa sebanyak 22 juta penduduk Yaman membutuhkan bantuan, dan sekira 8.5 juta jiwa di antaranya terancam bahaya kelaparan.

Dia menambahkan bahwa serangan Saudi dan sekutunya ke Yaman dalam beberapa pekan terakhir telah menambahkan kesulitan pada kerja kemanusiaan dan menurukan impor komoditas pokok.

Pada awal tahun ini Lowcock telah mengingatkan bahwa jika situasi di Yaman tidak berubah maka negara ini akan dilanda tragedi kemanusiaan yang terburuk selama kurun waktu 50 tahun terakhir. (mm/alalam)

 

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*