alqaeda di yamanSanaa, LiputanIslam.com – Militer dan pasukan rakyat Yaman yang terafiliasi dengan Ansarullah dan dibantu oleh masyarakat setempat berhasil membebaskan distrik al-Udayn, provinsi Ibb, dari kawanan teroris al-Qaeda dan milisi pro-Arab Saudi.

Situs Ansarallah menyebutkan bahwa al-Qaeda dan “pasukan bayaran Saudi” semula berkonsentrasi di distrik tersebut dan beberapa kawasan lain, namun tentara dan komite-komite revolusi serta warga provinsi Ibb berhasil membebaskan semua kawasan itu sepenuhnya dari keberadaan al-Qaeda dan milisi pro-Saudi.

Bersamaan dengan ini, tentara dan pasukan revolusi Yaman yang didukung penduduk provinsi Taiz juga berhasil membebaskan beberapa kawasan dan daerah perbukitan yang mengarah ke Jabal Habasyi.

Dilaporkan pula bahwa pasukan gabungan Yaman dapat membuka jalur antara Sanaa, ibu kota Yaman dan provinsi Ma’arib serta terus mengalami kemajuan dalam operasi militer melawan al-Qaeda dan pasukan pro-Saudi di provinsi Ma’arib, meskipun serangan udara Saudi tetap gencar di berbagai kawasan provinsi ini.

Al-I’lam al-Harbi memublikasikan penggalan-penggalan video baru yang merekam beberapa kendaraan dan peralatan militer milik Uni Emirat Arab (UEA) yang hancur diserang pasukan Yaman di Makiras yang terletak di antara provinsi Abyan dan provinsi al-Baida.

Disebutkan pula bahwa banyak korban tewas dan luka di pihak “pasukan bayaran asing” dan tentara UEA dalam penghancuran peralatan tempur tersebut.

Situs Alahed melaporkan satu tank Saudi di pangkalan militer al-Mam’ud di kawasan al-Khubah, Jizan, Saudi, hancur diterjang roket pasukan Yaman. Roket itu terkendali dengan baik sehingga tepat mengena tank tersebut.

Sejak Maret lalu sampai sekarang Saudi dan sekutunya melancarkan serangan udara ke Yaman demi memulihkan pemerintahan presiden pelarian Abd Rabbuh Mansur Hadi dan menumpas milisi Ansarullah (Houthi) selaku penggerak revolusi rakyat terhadap rezim korup Mansur Hadi.

Serangan udara itu menghancurkan banyak fasilitas infrastruktur Yaman serta merenggut ribuan nyawa dan menelantarkan puluhan ribu penduduk. Belakangan pasukan Yaman bersumpah untuk menghancurkan fasilitas infrastruktur Saudi, terutama di dekat perbatasan kedua negara. Belum lama ini rudal Scud pasukan Yaman menghantam stasiun pembangkit listrik Jizan. (mm

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL