suriah asap di palmyraBeirut, LiputanIslam.com – Pasukan udara Suriah Jumat (18/9) melancarkan 25 kali serangan terhadap posisi-posisi kelompok teroris ISIS di kota purbakal Palmyra (Tadmur) yang diduduki ISIS. Mengutip pernyataan lembaga Observatorium Suriah untuk HAM (SOHR), Reuters melaporkan bahwa sudah dua hari pasukan udara Suriah melancarkan serangan masif di beberapa kawasan yang dikuasai ISIS di bagian tengah dan utara negara ini.

SOHR menilai operasi serangan udara itu tergolong yang paling sengit terhadap ISIS di Palmyra dan dilakukan sehari setelah serangan udara yang juga tak kalah sengitnya terhadap ISIS di kota Raqqah.

Meski demikian, tak ada laporan mengenai akibat serangan udara tersebut.

Kota Palmyra peninggalan Romawi kuno diduduki ISIS sejak Mei lalu hingga banyak bagian peninggalan purbakala yang hancur akibat vandalisme ISIS.

Suriah dilanda krisis sejak 2011 menyusul serangan kelompok-kelompok teroris dan pemberontak yang disponsori Barat dan negara-negara sekutunya di Timur Tengah untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Suriah Bashar al-Assad. Assad dimusuhi karena, Barat tak seperti pemimpin Arab lainnya, pantang menyerah atau berdamai dengan rezim Zionis Israel, dan malah bersekutu dengan Iran dan Hizbullah yang menjadi musuh besar Israel. (mm)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL