Aleppo, LiputanIslam.com –  Pasukan Kebebasan Suriah (SFA) yang didukung pasukan Turki dalam operasi militer bersandi Perisai Furat berhasil menguasai area pertanian al-Shahabi di kawasan gerbang utara kota al-Bab, dan sedikitnya 17 anggota ISIS tewas dalam pertempuran dengan mereka.

Abu Mohammad al-Na’is, ketua dewan militer di al-Bab mengatakan kepada DPA bahwa kelompok-kelompok opisisi Suriah yang tergabung dalam SFA menguasai kawasan itu setelah terlibat kontak senjata sengit dengan ISIS, Minggu (12/2/2017).

“Pasukan SFA membunuh lebih dari 17 anggota ISIS dan melukai 20 lainnya serta merebut sejumlah senjata dan peralatan tempur,” ungkapnya kepada DPA.

Tokoh lain dari kelompok Brigade al-Mu’tasim yang juga tergabung dalam operasi Perisai Furat mengatakan  operasi ini telah menerjang posisi-posisi ISIS di distrik Qabasin di bagian utara al-Bab serta menguasai sejumlak titik di sekitar distrik ini.

Sabtu lalu pasukan Turki dan kelompok-kelompok bersenjata Suriah yang didukungnya dilaporkan telah memasuki al-Bab yang mereka kepung dari tiga arah timur, utara dan barat setelah pasukan pemerintah Suriah juga bergerak maju menekan ISIS dari arah selatan kota yang menjadi markas terakhir ISIS di provinsi Aleppo, Suriah utara tersebut.

Gerak maju SAA ke al-Bab meningkatkan resiko terjadinya konfrontasi mereka dengan tentara Turki dan kelompok-kelompok pemberontah Suriah dukungan Turki yang tergabung dalam Pasukan Kebebasan Suriah (FSA), dan sempat terbetik kabar adanya kontak senjata antara kedua kubu.

Tak jelas apakah kedua kubu ini sudah menjalin kesepakatan diam-diam terkait serangan ke al-Bab, terutama karena Rusia yang mendukung serangan SAA pernah beberapa kali ikut serta dalam serangan udara Turki terhadap ISIS di al-Bab. (mm/raialyoum)

DISKUSI:
SHARE THIS:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Positive SSL